• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hiburan

Siswa Kejar Paket C dan B di Klaten Pentaskan Pertunjukan ‘Ketoprak’

16 May
18:58 2018
1 Votes (5)

KBRN, Yogyakarta : Puluhan peserta pendidikan non formal Kejar Paket C dan B di Klaten Jawa Tengah, menggelar pentas kesenian ‘Ketoprak di aula Desa Trunuh Kecamatan Klaten Selatan, pada Selasa, 15 Mei malam.

Ketua PKB Dewi Fortuna’, Kristian Apriyanto saat dihubungi wartawan mengatakan, pentas ketoprak diadakan untuk memperingati Hari Pendidikan Nasionalmelibatkan 38 siswa pendidikan non formal kejar paket C dan B.

Sebagai peserta pendidikan non-formal sebenarnya mereka memiliki kesempatan yang sama dalam berkreasi. Hal ini lantas kita coba implementasikan dengan seni pertunjukan ketoprak ini,” katanya, Rabu (16/5/2018). 

Di katakannyaPKBM yang berlokasi di Dusun Jombor,  Desa Danguran, Kecamatan Klaten Selatan itu selama ini pembelajarannya mampu mengintegrasikan pendidikan non-formal dengan pelestarian budaya. 

Meski mereka hanya para siswa kejar paket B dan C tetap memiliki minat yang sama dalam kesenian ketoprak. Terlebih lagi kegiatan ini untuk menunjang Klaten untuk menuju kota ketoprak,” imbuhnya.

Seni pertunjukan ketoprak yang diperankan puluhan siswa PKBM Dewi Fortuna itu mengambil lakon Bumi Kajoran 1672’ yang menceritakan peristiwa sejarah di Klaten yang terjadi di Desa Kajoran, Kecamatan Klaten Selatan pada masa Mataram. 

Sementara salah satu pemain ketoprak, Purwadi (52) tahun asal Desa Pereng, Kecamatan Prambanan, menceritakan pengalamannya bermain kethoprak. 

“Ini baru pertama kalinya saya main ketoprak. Meski saya cuma siswa kejar paket B tetapi juga punya ketertarikan terhadap kesenian ketoprak. Saya tentunya bangga bisa main dalam kesenian Jawa ini,” jelas pria yang sehari-hari menjadi Juru Kunci/Pelihara Candi Sewu ini.

Sementara itu pemain lainnya,  Anik Suryani (22), yang merupakan siswa kejar paket C juga menyatakan rasa bangga bisa mementaskan seni kethoprak.

“Bangga bisa menjadi bagian dalam seni pertunjukan tradisional tersebut. Pertunjukan ini untuk membuktikan jika siswa kejar paket itu mampu berkreasi seperti anak sekolah lainnya. Saya harap kegiatan seperti ini terus berlanjut,” jelas perempuan asal Kecamatan Karanongko ini. (yon/yyw/HF) 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview

Hot Topic

   

Deja Vu Sukacita Real Madrid

KBRN, Jakarta: Gelar juara Liga Champions siap diberikan kepada Real Madrid setelah mengalahkan Liverpool di Kiev, Minggu (27/5/2018). Selengkapnya di rri.co.id.

18 Pembaca Baca Selengkapnya
00:00:00 / 00:00:00