• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada Serentak

Menyongsong Bulan Suci Ramadhan, Ketua Panwaslu Kota Bandung Ingatkan Paslon Akan Peraturan PKPU

16 May
17:54 2018
0 Votes (0)

KBRN, Bandung: Menyongsong awal bulan Ramadhan, Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Farhatun Fauziyyah ingatkan kepada seluruh pasangan calon, tim sukses maupun partai politik pengusung. Agar mentaati PKPU yang mengatur tentang waktu kampanye, hingga unsur unsur yang bisa mengakibatkan pelanggaran ketika bulan Ramadhan tiba.

Farhatun menjelaskan tidak jarang pasangan calon di daerah daerah yang melalaikan peraturan itu, seperti kampanye di luar waktu yang telah di tentukan (09.00 WIB - 18.00 WIB), hingga menggelar buka puasa bersama dengan unsur kampanye, Rabu (16/5/2018).

"Sebentar lagi kita memasuki bulan ramadhan ada beberapa hal yang harus terus kami ingatkan agar para pasangan calon, tim sukses dan partai politik pengusung pasangan calon untuk mentaati PKPU. Karena tidak jarang tim sukses lupa akan peraturan itu. Mulai dari jam kampanye yang di mulai dari jam 09.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB, hingga buka bersama yang menggunakan unsur kampanye," jelas Farhatun

Orang nomor satu di Panwaslu Kota Bandung memaparkan, buka puasa bersama, tarawih bersama hingga saur on the road sebenarnya di perkenankan untuk seluruh pasangan calon. Hanya saja ada beberapa unsur yang harus benar benar di perhatikan. Mulai dari ada pasangan calonnya, ajakan untuk memilih pasangan calon, penyampaian visi misi, pembagian alat peraga kampanye (kaos, flyer, gantungan kunci, dll).

Jika salah satu dari ke 4 unsur itu terpenuhi maka pasangan calon akan di fonis pelanggaran pidana pemilu.

"Sah sah saja jika pasangan calon ingin melakukan buka puasa bersama, tarawih bersama, hingga saur on the road tapi paslon maupun tim sukses ataupun parpol pendukung harus mengingat 4 unsur yang bisa di sebut kampanye. Mulai dari adanya pasangan calon, ajakan memilih pasangan calon, penyampaian visi misi dan pembagian alat peraga kampanye. Jika salah satu dari ke 4 unsur itu terpenuhi maka paslon akan di fonis pelanggaran pidana pemilu," tegas Farhatun.

Maka dari itu Ketua Panwaslu Kota Bandung harapkan seluruh pasangan calon, tim sukses dan parpol pendukung bisa mentaati peraturan tersebut. Jangan sampai akibat kelalaian yang di lakukan dalam melakukan kegiatan mengakibatkan pasangan calon terjerat permasalahan seperti itu dan bisa sangat merugikan bagi pasangan calon yang saat ini maju dalam pertarungan memperebutkan kursi nomor 1 di Kota Bandung. (MWP/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00