• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Sultan HB X : Pemimpin Muda Menjadi Pengubah dan Pembaharu

16 May
14:29 2018
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Hamengku Buwono Ke-10, melantik  134 pejabat pimpinan tinggi pratama DIY eselon dua tiga dan empat Pemda DIY di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta, Rabu (16/5/2018) pagi. 

Sultan HB X menegaskan, pengisian jabatan di DIY sudah obyektif. Pelantikan pejabat kali ini juga sudah menunjukkan regenerasi kaderisasi. Menurutnya, regenerasi ini juga disertai penyegaran semangat agar pemimpin muda menjadi pengubah dan pembaharu. 

“Jangan sampai terjadi, mereka yang memiliki kapabilitas tidak dapat dipromosikan hanya karena sistem dan  seleksinya tidak mendukung.Regenerasi kali ini bukan regenerasi biologis sekedar memudakan usia, tetapi disertai penyegaran semangat agar mereka menjadi pengubah dan pembaharu,” kata Sri Sultan. 

Sultan menambahkan, sebenarnya sudah sejak lama dirinya menginginkan uji kelayakan calon pejabat dilakukan secara terbuka, dapat diakses publik untuk mewujudkan transparansi proses seleksi. Namun hal itu belum terwujud. Meski begitu, Sultan optimis pejabat yang dilantik Rabu pagi ini merupakan hasil seleksi Panitia dan persetujuan KASN yang dapat dipertanggungjawabkan kualitasnya. 

“Saya bukannya tidak merasakan, jika setiap rekrutmen selalu ada yang diam-diam mempertanyakan, Mengapa dia, dan bukan yang lain?.  Untuk meresponnya, sejak lama saya menginginkan open fit and proper test yang di-upaload di YouTube. Sehingga yang lolos bukan hanya atas dugaan-dugaan, tetapi benar-benar lulus karena memiliki akuntabilitas publik.Meski belum terlaksana, tentu saya tetap yakin akan obyektivitas penilaian dari Komisi ASN yang mengusulkan personalia yang dilantik hari in," terangnya.  

Gubernur DIY Sri Sultan HB X menambahkan, pada pelantikan Rabu pagi juga ada 10 PNS muda yang diberi amanah jabatan Eselon IV.

Hal ini merupakan upaya regenerasi kepemimpinan dan proses kaderisasi yang akan berdampak besar pada keberlangsungan jalannya roda birokrasi pemerintahan. (Wur/yyw/Evie).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview

Hot Topic

   

Deja Vu Sukacita Real Madrid

KBRN, Jakarta: Gelar juara Liga Champions siap diberikan kepada Real Madrid setelah mengalahkan Liverpool di Kiev, Minggu (27/5/2018). Selengkapnya di rri.co.id.

23 Pembaca Baca Selengkapnya
00:00:00 / 00:00:00