• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Luar Negeri

Kereta Api Buatan Madiun, Ditawarkan ke Mesir

16 May
09:48 2018
1 Votes (5)

KBRN, Kairo: Pemerintah Indonesia dan PT. Inka menjajaki peluang penjualan kereta api dan sistem perkereta apian buatan anak negeri ke Mesir. Duta Besar RI untuk Mesir, Helmy Fauzy  mengatakan pihaknya telah melakukan pertemuan dengan Menteri Transportasi Republik Arab Mesir, Dr. Hesham Arafat Mahdy beserta jajarannya pada Selasa ( 15/5/ 2018) waktu Kairo.

Pertemuan yang berlangsung di Kantor Kementerian Transportasi Mesir tersebut membicarakan peluang kerja sama kedua negara di bidang perkereta apian. Helmy.mengatakan, Menteri Hesham menyambut baik inisiatif Indonesia tersebut, serta berharap Pemerintah Indonesia dapat ikut serta dalam berbagai proyek yang saat ini sedang dan akan dibangun oleh Pemerintah Mesir.

Seperti misalnya peremajaan lokomotif dan gerbong serta pembangunan jalur kereta api baru.  Untuk menindak lanjuti pertemuan antara dirinya dengan Menteri Transportasi Mesir ini, akan segera dibuat tim kerja bersama. Untuk bekerja menyiapkan segala sesuatu dalam menunjang kerjasama ini. 

“Tanggapannya sangat- sangat positif, dan langsung Menteri Transportasi Mesir. Meminta kepada kita untuk segera membentuk kelompok kerja, kemudian beliau juga melakukan rapat tingkat teknis dengan staf- stafnya. Untuk maju merealisasikan kerjasama ini, secara kongkrit. Mereka tertarik mulai dari sistem sinyal, kemudian gerbong kereta api eksekutif,” kata Helmy di Kairo. 

Sejak tahun 2016, perusahaan milik negara itu telah beberapa kali berkunjung ke Mesir guna mengeksplorasi peluang kerjasama antara Indonesia-Mesir di bidang perkeretaapian. Pada awal Juli ini, PT Inka akan ikut serta dalam tender pengadaan 2 lokomotif dan 6 gerbong kereta di Cairo. Di akhir pertemuan, 

Dubes Helmy dan Menteri Hesham sepakat untuk menjajaki lebih lanjut berbagai peluang kerja sama di bidang perkereta apian. Beberapa upaya yang akan ditindak lanjuti antara lain adalah penyelenggaraan pertemuan lanjutan pada tataran teknis antara KBRI Kairo dengan Kementerian Transportasi Republik Arab Mesir untuk menjajaki peluang-peluang kerja sama yang lebih konkret antara kedua negara. (RA/AA).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview

Hot Topic

   

Deja Vu Sukacita Real Madrid

KBRN, Jakarta: Gelar juara Liga Champions siap diberikan kepada Real Madrid setelah mengalahkan Liverpool di Kiev, Minggu (27/5/2018). Selengkapnya di rri.co.id.

19 Pembaca Baca Selengkapnya
00:00:00 / 00:00:00