• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Luar Negeri

Mesir Tetapkan awal Bulan Puasa, Kamis 17 Mei 2018

16 May
04:21 2018
1 Votes (5)

KBRN, Kairo : Seperti halnya di Indonesia, otoritas tertinggi ulama Mesir, telah menetapkan awal puasa 1439 H, jatuh pada hari Kamis 17 Mei 2018.

Kepala Darul Iftah (MUI) Mesir Prof. Syauqi Alam dalam Sidang Isbat, yang berlangsung di Auditorium Universitas Al- Azhar Kairo  Selasa   (15/5/2018) malam waktu setempat mengatakan, lembaga keagamaan islam di Mesir telah bersepakat awal bulan puasa mulai dilaksanakan Kamis esok.  

Penetapan awal bulan puasa, didasari  tidak terlihat adanya hilal, setelah matahari terbenam pada hari   Selasa waktu Kairo. Atau bertepatan dengan 29 Syaban 1439, untuk itu bulan syaban di genapkan hingga 30 hari.

Dengan demikian, ulama telah bersepakat bahwa awal bulan puasa 1439 H, terjadi pada Kamis 17 Mei 2018.  Selain itu, Prof Syauqi juga mendoakan dengan datangya bulan puasa ini, seluruh umat islam di dunia dapat menjalankan ibadah ini dengan mudah dan selalu diberi kelancaraan tanpa adanya ganguan. 

“Kita sudah bersepakat bahwa awal bulan Ramadhan 1439 H, terjadi pada Kamis 17 Mei 2018.  Hal ini dilakuakn karena pada hari Selasa ini belum terlihat adanya hilal,sehingga syaban di genapkan 30 hari,”kata Prof Syauqi di hadapan ratusan orang yang hadir dalam  Sidang Isbat.

Sementara itu, Duta Besar Indonesia untuk Mesir Helmy Fauzi, yang hadir secara langsung mengikuti Sidang Isbat mengatakan, ada sejumlah agenda yang diselengarakan oleh KBRI Kairo dalam pelaksanaan ibadah puasa. Diantaranya pemberian santunan, sembako, buka bersama, bazar, dan juga kegiatan ibadah bersama.

“ Untuk hadir dalam Sidang Isbat, untuk menentukan kapan jatuhnya 1 Ramadhan. Jadi kita diundang, yakni Duta Besar negara- negara Islam, dalam Sidang Isbat itu,”kata Helmy. 

Pada Sidang Isbat di Universitas Al-Azhar Kairo dihadari Grand Syeikh  Al- Azhar, pimpunan Pemerintah dan Legislatif Mesir, serta Duta Besar negara- negara islam yang ada di Kairo. (RA/ARN)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00