• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Baru 12 Persen Investor Pasar Modal Manfaatkan Fasilitas AKSes

16 April
18:00 2018
0 Votes (0)

KBRN, Bandung : PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), tahun ini akan meluncurkan Acuan Kepemilikan Sekuritas Next Generetion (AKSes Next-G).

Kepala Divisi Komunikasi Perusahaan KSEI Nina Rizalina mengatakan, AKSes merupakan fasilitas perlindungan investor pasar modal Indonesia. Dengan fasilitas ini, investor dapat memantau langsung portofolio investasinya yang tesimpan pada sub rekening efek di KSEI.

"AKSes Next-G merupakan pengembangan dari AKSes saat ini, dengan fitur-fitur yang semakin menarik dan mudah digunakan," katanya di Bandung, Senin (16/4/2018).

Dijelaskan Nina, kesadaran investor memanfaatkan fasilitas AKSes sangat rendah, baru sekitar 12% yang memanfaatkannya.

Padahal, fasilitas gratis ini bukan hanya untuk memonitor posisi dan mutasi efek milik investor, tapi juga mencegah penyalahgunan wewenang dari pihak yang tidak bertanggung-jawab. 

"Kami berharap, fasilitas ini membuat nvestor merasa nyaman, comfortable dan tidak takut berinvestasi di pasar modal," ujarnya.

Ia menambahkan, tahun ini KSEI juga merencanakan penerapan Electronic Voting (e-voting), untuk mengakomodasi penggunaan hak suara investor dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

"e-Voting memudahkan investor terutama yang memiliki lebih dari satu efek, maupun investor di daerah dan investor asing menggunakan hak suaranya pada RUPS tanpa perlu hadir secara fisik," paparnya.

Berdasarkan data KSEI, hingga ahir Maret 2018 tercatat 1,2 juta investor yang mencakup investor pemiik efek, Reksa Dana dan Surat Berharga yang diterbitkan Bank Indonesia.

Jawa Barat, menempati urutan ke 2 jumlah investor terbanyak di Indonesia setelah DKI Jakarta. (ID/WDA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00