• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Kemenhub Berwacana Sediakan Jalur Bus Eksekutif Rute Tangerang - Jakarta

16 April
13:47 2018
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Kementerian Perhubungan berencana akan menyediakan jalur dan moda transportasi bus eksekutif untuk wilayah Jagorawi-Tangerang dan sekitarnya, guna mendukung pemberlakukan sistem ganjil genap di Tol Jagorawi dan Tangerang. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, bahwa sosialisasi bus eksekutif dilakukan untuk jangka waktu 2 minggu, untuk melihat jumlah potensi armada bus yang dibutuhkan.

Uji coba sistem ganjil genap untuk tol Jagorawi dan Jakarta - Tangerang dimulai pada hari ini, Senin (16/4/2018). Sistem tersebut diberlakukan untuk mengurai kemacetan yang terjadi setiap hari di ruas jalan tol tersebut, mulai pukul 6 WIB hingga pukul 9 WIB. Pemberlakuan sistem ganjil genap sendiri baru akan dimulai pada awal Mei mendatang. Untuk mendukung keberhasilan ganjil genap, Kementerian Perhubungan berencana akan meningkatkan moda transportasi bus eksekutif untuk wilayah Tangerang dan sekitarnya. Usia bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana pada Senin (16/4/2018), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, bahwa sosialisasi bus eksekutif dilakukan untuk jangka waktu 2 minggu, untuk melihat jumlah potensi armada bus yang dibutuhkan.

"Saya belum dapat laporan (progress uji coba ganjil genap), tapi kalau saya lihat, saya nilai dari potensi Tangerang ini kemungkinan potensinya lebih bagus. Indikasinya apa? Indikasinya belum ada program itu orang naik bus eksekutif itu banyak sekali memang. Jadi artinya kalau saya kasih jalur khusus di situ akan produktif, akan banyak. Dan kalau banyak itu, membuat orang pindah dari mobil ke bus," jelas Menhub.

Adapun untuk ruas Tol Cibubur 2 menuju Jakarta, Menhub masih belum dapat memastikan kapan dilakukan uji coba tersebut, mengingat jalur tersebut merupakan jalur yang berbeda. Menhub menjelaskan, bahwa pihaknya menyiapkan substitusi armada transportasi untuk sosialisasi awal dan berharap sudah dapat berfungsi normal pada pertengahan Mei mendatang, sebelum masuk bulan Puasa. (PR/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00