• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hiburan

Film Planet 50-50 Karya Natasha Dematra Akan Diluncurkan dalam Rangka Hari Kartini

15 April
11:17 2018
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Natasha Dematra, sutradara perempuan termuda di dunia akan meluncurkan film dokumenter berjudul PLANET 50-50. Film ini sendiri merupakan kampanye feminisme dan dukungan penuh kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa yang meluncurkan gerakan PLANET 50-50 by 2030: Step It Up for Gender Equality. Film ini akan diluncurkan dalam rangka memperingati Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April.

Menurut Direktur Eksekutif PBB, Phumzile Mlambo-Ngcuka, Gerakan Planet 50-50 merupakan gerakan untuk Kesetaraan Gender di mana pada tahun 2030, dunia akan menjadi tempat yang setara bagi wanita dan pria.

Melihat fakta bahwa di dunia terlalu banyak wanita dan gadis yang terkekang hanya pada pekerjaan rumah tangga dan tidak mempunyai kesempatan yang sama dengan laki-laki, PBB berharap agar ke depannya anak perempuan dapat lebih fokus untuk berbagai macam karir dan dapat membuat pilihan mereka sendiri.

Lewat cara pengasuhan orang tua, kurikulum, pengaturan pendidikan, TV, iklan dan hiburan; ini akan menjadi langkah untuk melindungi gadis-gadis muda dari praktik budaya yang berbahaya seperti pernikahan dini, dan dari semua kekerasan.

Film ini, ujar Natasha, tercipta atas panggilannya karena melihat fakta bahwa di zaman modern seperti ini, masih banyak orang yang percaya bahwa wanita merupakan mahluk hidup yang harus berada di bawah laki-laki dan tidak memiliki kesempatan yang sama. Film ini mengambil isu hak-hak wanita seperti; sunat perempuan, pernikahan anak, kekerasan kepada perempuan dan lain-lain.

“Saya harap film ini dapat menjadi kampanye feminisme bahwa wanita dan pria merupakan makhluk yang setara. Dengan film ini saya harap dapat menginspirasi seluruh generasi terutama generasi muda dan generasi mendatang untuk mengajari anak, adik, dan sesama mereka akan dunia yang setara untuk kita semua,” ujar gadis yang telah menerima penghargaan Kesetaraan Gender dari organisasi-organisasi dunia tersebut.

Gadis yang telah menerima lebih dari 150 penghargaan tersebut mengatakan bahwa film ini sendiri rencananya akan diluncurkan pada 16 April 2018 di Taman Mini Indonesia Indah dan akan dihadiri oleh raja-raja dan ratu Nusantara dan para Duta Besar. Setelah itu PLANET 50-50 akan mengikuti berbagai kompetisi film internasional. (Rell/HF/AA) 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00