• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada Serentak

KPU Sukoharjo Optimis Partisipasi Pemilih Pilgub Jateng Naik

13 March
21:52 2018
0 Votes (0)

KBRN Sukoharjo : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo berupaya meningkatkan jumlah partisipasi masyarakat dalam Pilgub Jawa Tengah 27 Juni mendatang. Salah satu upaya yang terus dilakukan adalah dengan memperbanyak sosialisasi ke masyarakat khususnya yang mempunyai hak pilih. 

Komisioner KPUD Sukoharjo Yulianto Sudrajat mengemukakan berdasarkan pengalaman pada Pilgub 2013 rata-rata tingkat partisipasi masyarakat untuk memberikan suaranya maksimal 70 persen.

“ Pada Pilgub tahun 2018 ini KPUD Sukoharjo membidik target partisipasi masyarakat mencapai 77,5% ,” ungkap Yuliyanto Sudrajat kepada wartawan usai Rakor Peningkatan Partisipasi Masyarakat dengan Pemangku Kepentingan di Sukoharjo, Selasa (13/3/2018).

Menurutnya, target jumlah partisipasi pemilih tersebut diakui cukup berat mengingat pada Pilgub 2013 lalu, partisipasi pemilih di Sukoharjo 64%. Itu artinya harus ada selisih 13,5% yang harus dipenuhi KPU Sukoharjo dalam Pilgub mendatang.

“ Ya, cukup berat namun kami dari KPUD Sukoharjo tetap optimistis bisa mencapai target tersebut , “ cetusnya.

Lebih lanjut dikatakan, upaya lain yang dilakukan diantaranya melibatkan semua instansi terkait baik Partai Politik (Parpol), Organisasi Perangkat Daerah (OPD), organisasi masyarakat (ormas) dan komunitas lainnya.

“ Masing-masing OPD memiliki peran berbeda sesuai dengan tupoksinya, seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan diharapkan bisa membantu dalam sosialisasi ke siswa sekolah yang sudah memiliki hak pilihnya “ tandas Yuliyanto.

Dari evaluasi KPU, menurutnya, pemilih yang belum menggunakan hak pilih disebabkan karena berbagai kendala salah satunya karena pemilih merantau dan saat pencoblosan dilakukan belum pulang ke kampung halamannya.

“ Faktor lainnya karena rendahnya kesadaran pemilih dalam menggunakan hak pilihnya seperti terjadi pada pemilih pemula dimana mereka baru kali pertama memiliki hak pilih ,” pungkasnya. (Edwi)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00