• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Kadishut Kalteng Berharap Pelaku Pembalakan Liar Didekati dengan Baik

13 March
20:59 2018
0 Votes (0)

KBRN, Palangkaraya : Pembalakan liar yang diduga terjadi di areal hutan lindung di daerah Mantangai Kabupaten Kapuas masih dalam tahap pemeriksaan.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah, Sri Suwanto Selasa (13/03/2018) mengatakan pihaknya sudah memanggil Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung  (KPHL) dan pihak berwenang untuk melakukan pengecekan di lapangan. 

Menurutnya, untuk masalah pembalakan liar oleh masyarakat harus dilakukan dengan cara pendekatan sosial. Akar masalah sehingga masyarakat memilih untuk menebang hutan yang dilindungi harus ditelaah terlebih dahulu. Lebih lanjut dikatakan, karena pembalakan liar ini menyangkut habitat orang utan maka Kesatuan Pengelolaan Hutan  (KPH) perlu diaktifkan dan patroli harus semakin diintensifkan.

" Ada aturan main. Kalau kayu tidak ada tersangkanya ini menjadi temuan. Kalau lelang gak ada aturannya. Ini masih proses. Di Penegakan hukum kementrian LHK", jelasnya.

Permasalahan pembalakan liar di kawasan hutan lindung ini lanjut Kepala Dinas Kehutanan Kalteng perlu dicarikan solusi agar tidak terus terjadi.

Dikatakan, kayu temuan dalam kondisi siap pakai akan disalurkan untuk kepentingan masyarakat seperti pembangunan masjid maupun untuk keperluan trasmigrasi. (SEPTINA/NATA/ARN)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00