• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Jaksa Menyapa

Kasus Narkotika Dominasi Perkara di Kejaksaan Negeri Gayo Lues

13 March
18:10 2018
0 Votes (0)

KBRN, Takengon : Kejaksaan Negeri Gayo Lues pada tahun 2017 lalu menangani sebanyak 112 perkara tindak pidana umum. Dari jumlah itu 79 diantaranya merupakan kasus tindak pidana narkotika.

Hal itu disampaikan Kepala Seksi Intel pada Kejaksaan Negeri Gayo Lues Dedi Syahputra dalam program dialog interaktif Jaksa Menyapa distudio RRI Takengon, Selasa (13/3/2018) pagi.

Diakui, kasus narkotika menjadi kasus yang paling banyak ditangani kejaksaan Negeri setempat. Dari jumlah kasus tersebut rata –rata tersangkanya merupakan pemakai, khusunya narkotika jenis sabu dan ganja.

Dedy menambahkan terhadap 79 kasus narkotika tersebut t saat ini sudah berkekuatan hukum tetap atau sudah dijatuhi vonis oleh pengadilan.

“ Jadi lebih dari 50 persen itu pemakai narkotika jenis sabu dan ganja, baru selebihnya bisa dikatakan pengedar, ada juga yang kedapatan menyimpan narkotika untuk dijual kembali atau digunakan sendiri. Kalau untuk pelakunya dari 79 kasus itu ada sekitar 150 an tersangka. ” Kata Dedy Syahputra.

Ia menambahkan dalam upaya menekan kasus tindak pidana narkotika kejaksaan negeri Gayo lues juga telah melaksanakan sejumlah program penyuluhan hukum seperti jaksa masuk sekolah yang dilaksanakan setiap satu bulan sekali serta penerangan hukum kepada masyarakat desa terkait beberapa isu hangat termasuk narkotika.

Namun demikian ungkapnya harus ada perhatian dari semua pihak untuk memerangi peredaran atau penyalahgunaan barang haram tersebut. Mengingat narkotika tidak hanya menjadi tanggungjawab penegak hukum saja melainkan seluruh lapisan masyarakat. (BS/ARN)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00