• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Jaga Keutuhan Negara, Papua Satukan Tekad Tolak Hoax

13 March
12:07 2018
0 Votes (0)

KBRN, Jayapura : Ratusan masyarakat yang tergabung dari berbagai komunitas, paguyuban, tokoh masyarakat dan agama, serta kalangan pelajar di Papua menggelar deklarasi anti hoax di Taman Imbi Kota Jayapura, Selasa (13/03/2018). Kegiatan yang diinisiasi Kepolisian Daerah Papua itu bertujuan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menyatukan tekad menolak berita bohong atau hoax.

Kapolda Papua Irjen Pol. Boy Rafli Amar mengungkapkan saat ini hoax telah tumbuh berkembang menjadi kebiasaan buruk masyarakat dalam menggunakan media sosial. Padahal hoax adalah sebuah kebohongan dan pelanggaran hukum.

"Kami tidak ingin ada perpecahan dikarenakan berita bohong atau hoax. Kami tidak ingin informasi yang tidak didasarkan fakta ini menyesatkan pemahaman masyarakat dan membodohkan masyarakat," kata Kapolda disela-sela kegiatan itu, Selasa (13/03/2018).

Ia pun mengharapkan, masyarakat Papua bisa menyaring sendiri informasi yang diterimanya. Sebab berita hoax acap kali digulirkan secara sengaja oleh oknum-oknum tertentu unuk membuat kekacauan.

"Kami harap dengan deklarasi tersebut lahir semangat dikalangan masyarakat, khususnya pengguna medsos untuk membangun kehidupan yang sehat dan patuh hukum di dunia maya," ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang Tokoh Pemuda, Hendrik Yance Udam meminta seluruh pihak tak menggunakan hoax sebagai alat untuk menjatuhkan kandidat tertentu yang bertarung dalam Pilkada Serentak 2018 di Papua.

"Pemuda Papua mengutuk keras para penyebar berita bohong, karena hoax itu merupakan bagian dari gerakan separatis yang ingin memecah belah persatuan bangsa. Kepolisian harus mengintensifkan patroli tim cyber crime untuk menangkal berita hoax di dunia maya," tegasnya.

Dalam deklrasi anti hoax itu, perwakilan dari Tokoh Perempuan, Pemuda dan Agama membacakan pernyataan deklarasi anti hoax. Pernyataan itu berisi komitmen menolak dengan keras dan tegas segala bentuk penyebaran berita hoax.

Selain itu, para unsur Forkompimda Papua diantaranya, Kapolda Papua, Irjen Pol. Boy Rafli Amar, Pjs. Gubernur Papua, Mayjen TNI (Purn) Soedarmo, dan Kasdam XVII Cendrawasih, Brigjen TNI. I Nyoman Cantiasa turut menyampaikan orasi anti hoax. (RK/DSy/AA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00