• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

HUT Jatinangor ke-18, kupas Sejarah Tokoh dan Seni Budaya Lokal

12 March
12:12 2018
1 Votes (5)

KBRN, Sumedang : Dalam rangka hari jadi Kec. Jatinangor ke-18, akan digelar beberapa kegiatan mulai dari bhakti sosial hingga mengguar dan mengingat kembali sejarah  Jatinangor dimasa lampau kepada masyarakat umum terutama kepada generasi muda Jatinangor, hal itu disampaikan Camat Jatinangor, Syarif Badar kepada RRI, Senin (12/3/2018).

"Salahsatu kegiatan hari jadi Jatinangor ke-8 ini, ada yang berbeda dari sebelumnya yakni, penyampaian sejarah yang berkaitan dengan Jatinangor mulai dari tokoh tokoh terdahulu, nama nama lembur (daerah, red) dan seni serta kebudayaan asli dari Jatinangor," ujarnya.

Menurut Syarif, Penyampaian sejarah dan pertunjukan seni dan budaya di Jatinangor sangatlah penting dalam peringatadaari jadi tersebut pasalnya, selain sarana hiburan warga hari jadi Jatinangor ke 18  sebagai sarana edukasi bagi generasi muda khususnya pelajar di Jatinangor.

"Salahsatu sejarah yang akan kembali disampaikan seperti, adanya daerah bernama kordon disekitar kampus ITB Jatinangor, Sawah lenang, Loji, Cipali, Situ bau sadang namun, ada pula nama daerah yang masih digunakan namanya hingga sekarang," tuturnya.

Selain itu, kata Syarif, sejumlah nama tokoh bersejarah di Jatinangor pun akan di paparkan seperti, Baron Baud, Mbah Nangoh dan tokoh lainnya.

"Sejarah Jatinangor akan disampaikan berupa narasi yang telah disiapkan oleh panitia dan disampaikan didepan masyarakat umum," ujarnya. 

Menurut Camat Syarif, Dengan perkembangan Jatinangor saat ini, jangan sampai generasi muda Jatinangor tidak mengenal sejarah apalagi melupakan Sejarah, terutama bagi generasi muda sekarang.

"Tak sebatas nama tokoh dan nama daerah, sejumlah seni dan budaya di Jatinangorpun akan di tampilkan seperti, seni Cikeruhan sejenis ketuk tilu, Oray liong dari desa jatiroke dan seni tradisi lain," katanya.

Meski demikian, tutur Syarif, Acara puncak hari jadi Jatinangor akan digelar pada (21/4/2018) mendatang.

"Ada pula lomba menembak dengan senapan angin yang di prakarsai oleh salahsatu pengrajin senapan angin Cipacing, ini sangat menarik bagi masyarakat Jatinangor khususnya mempunyai hobi menembak," ujarnya. (AD/AA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00