• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Pemkab Sleman Siap Berdayakan Korban PHK

13 February
19:53 2018
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memberikan bimbingan usaha bagi pekerja yang menjadi korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Bimbingan teknis dan ketrampilan tersebut  diperuntukkan khusus bagi korban PHK yang akan membuka usaha. 

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sleman, Untoro Budiharjo, di kantornya, Selasa (13/2/2018) terkait dengan upaya pemberdayaan korban PHK di daerahnya. 

Bagi korban PHK di Sleman yang ingin membuka usaha, pihak Pemkab Sleman melalui  Dinas Tenaga Kerja berupaya memberikan bimbingan teknis dan keterampilan kewirausahaan. 

“Bahkan jika diperlukan kita juga akan memberikan bantuan pinjaman lunak, sehingga diharapkan para korban PHK itu mampu bangkit kembali sosial ekonominya,” kata Untoro. 

Bimbingan wirausaha serta dukungan modal tersebut diharapkan dapat disinergikan dengan perolehan uang pesangon, sehingga dapat dimanfaatkan bagi pengembangan usaha ekonomi produktif. 

Dikatakan Untoro, bimbingan wirausaha tersebut sudah diberikan bagi puluhan korban PHK. Sementara untuk usaha yang banyak diminati  korban PHK, selain  warung kelontong dan warung makan, juga produksi makanan olahan dan industri kecil, hingga usaha bidang pertanian dan perikanan. 

Untuk pemberdayaan korban PHK ini, Dinas Tenaga Kerja Sleman masih kesulitan melakukan pendataan, karena masih banyak perusahaan yang tertutup informasinya ketika melakukan PHK. 

“Kami kadang-kadang baru mengetahui kalau telah terjadi PHK jika terjadi kasus perselisihan uang pesangon,” pungkasnya. (kus/HF)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00