• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada Serentak

KPU Klaten Gelar Uji Publik Draf Usulan Dapil Pemilu 2019

13 February
19:35 2018
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten  Klaten, Jawa Tengah, Selasa (13/2/2018) menggelar uji publik draf usulan daerah pemilihan (Dapil) pemilu 2019. 

Ketua KPU Klaten Siti Farida seusai kegiatan uji publik draf usulan Dapil mengatakan, pihaknya mengusulkan pergeseran jumlah kursi DPRD di Dapil  I dengan Dapil V pada Pemilu 2019.  

“Pergeseran tersebut kami lakukan lantaran ada perubahan jumlah penduduk di kedua Dapil, sedangkan jumlah Dapil di Klaten tak mengalami perubahan, yakni tetap lima Dapil dengan total jumlah kursi DPRD 50 kursi,” kata Farida. 

Dikatakan Dapil I meliputi Kecamatan Klaten Utara, Klaten Tengah, Klaten Selatan, Kalikotes, Ngawen, Kebonarum, serta Wedi. Sementara Dapil V meliputi Kecamatan Pedan, Trucuk, Karangdowo, Bayat, dan Cawas. 

“Pada pemilu sebelumnya jumlah kursi yang diperebutkan di Dapil I sebanyak 12 kursi, sementara Dapil V sebanyak 11 kursi. Namun pada Pileg 2019 jumlah kursi di kedua Dapil tersebut  digeser dengan Dapil I menjadi 11 kursi dan Dapil V sebanyak 12 kursi. Untuk Dapil Klaten lainnya tetap,” imbuhnya. 

Farida menambahkan, hasil dari pelaksanaan uji publik ini nantinya akan diserahkan ke KPU Pusat melalui KPU Jawa Tengah. 

Sementara itu kegiatan uji publik draf usulan Dapil tersebut diikuti puluhan peserta. meliputi perwakilan parpol dan tokoh masyarakat. (yon/HF)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00