• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya

Kampung Wayang di Imogiri Bantul

13 February
18:07 2018
1 Votes (5)

KBRN, Yogyakarta : Kampung Wayang di Pedukuhan Pucung, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, menjadi salah satu alternatif wisata di Kabupaten Bantul DIY, yang menarik untuk dikunjungi.

Di tempat ini, wisatawan tidak hanya belajar memahat dan mewarnai wayang kulit, tetapi juga bisa menonton langsung pertunjukan wayang.

Apalagi Pedukuhan Pucung saat ini sudah mempunyai showroom wayang, untuk memajang kerajinan wayang dari kulit kerbau, buatan 800 perajin setempat, yang bekerja pada 70 rumah produksi.

Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi, dan UMKM Kabupaten Bantul Sulistyanto, mendukung penuh keberadaan kampung wayang, untuk menghidupkan sektor usaha kecil.

”Ketika orang datang kesini, maka orang akan promosi sehingga otomatis muncul sehingga akan meningkatkan volume produksi dan penjualan, orang juga akan tahu kampung wayang pasti datang kesini,” ucapnya, saat melaunching Showroom Wayang di Pedukuhan Pucung, Selasa (13/2/2018).

Ketua Perajin Wayang di Pedukuhan Pucung Suyono mengaku, usaha kerajinan wayang ditempatnya kian berkembang, setelah berdiri showroom wayang yang banyak dikunjungi wisatawan.

”Saat ini setelah kami dapat bantuan infrastruktur dari pemerintah, yang bentuknya pembangunan joglo, showroom dan rumah produksi, sebentar lagi ada gedung pertunjukan, ini ternyata tamu-tamu mulai kenal melalui website,” terang dia.

Suyono menambahkan, kerajinan wayang yang dibuat para perajin di Pedukuhan Pucung Imogiri, tidak hanya wayang kulit saja, tetapi juga berbentuk pembatas buku, kap lampu, hingga gantungan kunci.

”Produksi kerajinan wayang, per bulan bisa lebih dari lima ribu item,” ucapnya. (WS/WDA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00