• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Pemda DIY Tempati Urutan Teratas Pelaksanaan SAKIP Wilayah III Indonesia

13 February
17:48 2018
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) kembali menyerahkan Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP) tahun 2017 kepada pemerintah provinsi/kabupaten/kota Wilayah III  Indonesia, di Yogyakarta, Selasa (13/2/2018).

Menteri PAN-RB Asman Abnur menegaskan keseriusan dan komitmen para bupati, walikota dan Sekretaris Daerah serta pimpinan daerah sangat diperlukan untuk mendorong percepatan implementasi reformasi birokrasi. Kepala daerah diharapkan memberikan perhatian untuk terciptanya tata kelola pemerintahan yang baik dan sekaligus berorientasi hasil.

Dalam kesempatan itu Menteri Asman  Abnur juga mengapresiasi capaian yang telah didapat oleh pemerintah provinsi/kabupaten/kota dengan predikat Baik hingga Sangat Baik.

Keberhasilan  dalam  implementasi  Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP), kata Asman Abnur, akan sangat berdampak pada efisiensi dalam penggunaan anggaran.

“Dengan program SAKIP ini yang diukur adalah manfaat dan outcome apa dari sebuah anggaran, kemudian pengembangan apa yang dirasakan. Nah, ini yang kemudian akan menjadi model pengembangan manajemen ASN ke kedepannya,” tegas Menteri Asman Abnur.

Sementara itu Gubernur DIY Sri Sultan HB Ke-X  yang wilayahnya berhasil meraih predikat A mengajak para kepala daerah agar melakukan penghematan terhadap sejumlah belanja birokrasi, mengurangi jumlah rapat-rapat, mengurangi intensitas perjalan ke luar daerah dan menyarankan agar sejumlah kegiatan belanja birokrasi digeserkan ke belanja masyarakat.

“Kami sudah menerapkan sejumlah langkah strategis dengan melakukan sejumlah rasionalisasi terhadap pelaksanaan kegiatan yang tidak langsung mendukung terhadap pencapaian outcome, seperti melakukan penghematan terhadap sejumlah belanja birokrasi,” kata Sultan HB X.

Hasil evaluasi Akuntabilitas Kinerja  Instansi Pemerintah  tahun 2017, Pemda DIY berada di posisi teratas dengan nilai AKIP, 84,22 predikat A, kedua Jawa Tengah 75,94 predikat BB, ketiga Sulawesi Utara atau Manado 62,63 predikat B, dan di posisi keempat Provinsi Gorontalo dengan nilai 60,21 predikat B. (FU/WDA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00