• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sudut Istana

Jelang Pilkada, Wapres JK Minta Pemuka Agama Berikan Dakwah Menenangkan

13 February
16:46 2018
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla meminta kepada Pemuka Agama agar dalam menyampaikan dakwa atau khutbahnya memberikan ketenangan kepada umat, jelang pelaksanaan Pilkada Serentak pada Juni 2018 mendatang.

Jusuf Kalla yang juga sebagai Ketum Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengimbau masyarakat jangan mudah terpengaruh dengan isu SARA yang dapat memecah belah, seperti penyerangan ulama di Jawa Barat, dan gangguan keamanan pada Gereja di Yogyakarta. Menurutnya memunculkan isu SARA sangat rentan dalam Pemilu yang dilakukan oleh pihak tidak bertanggung jawab.

"Ya semua harus berhati hati early warningnya, dan pemuka agama lebih adem memberikan dakwahnya, khutbahnya kepada umat, kalau ada orang yang sakit, atau jiwanya sudah kemasukan itu, kalau yang membunuh ustadz di daerah itu kan sakit, yang di Jogja Sleman kita tidak tahu, kelihatannya ngamuk ngamuk,ungkap Wapres JK kepada wartawan di Kantor Wapres, Jalan Veteran III, Jakarta Pusat, pada Selasa (13/2/2018).

Wapres Jusuf Kalla menyesalkan jika masih ada pihak tertentu yang menggunakan politik SARA dalam kontestasi demokrasi pemilihan kepala daerah. Politik SARA justru akan menyebabkan pecah belah bangsa yang merugikan pada jalannya demokrasi di tanah air.

"Saya kira tidak ada yang berpolitik, siapa yang berpolitik dengan membuat perpecahan, itu side back, saya kira Kepolisiaan menyelidiki," kata Jusuf Kalla.

Jelang Pilkada Serentak 2018, Kepolisian juga telah mengantisipasi sejumlah daerah yang berpotensi mengalami kerawanan konflik. Early warning atau pencegahan dini atas potensi konflik dilakukan sebagai upaya menurunkan potensi kerawanan keamanan. (QQ/WDA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00