• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya

Sambut Imlek, Vihara Maitreya Pasang Sejumlah Ornamen

7 February
16:02 2018
8 Votes (5)

KBRN, Medan : Menyambut Tahun Baru Imlek 2018 yang jatuh pada 16 Februari, salah satu Vihara terbesar di Asia Tenggara, Maha Vihara Maitreya mulai memperindah penampilan fisik gedung. Seperti memperindah kondisi atap gedung dan menghiasi dengan ornamen-ornamen Imlek.

Dari amatan RRI, Vihara yang berada di Jl Cemara Baulevard Utara No 8 Komplek Perumahan Cemara Asri, Medan ini tampak sudah terpasang beberapa lampion berwarna merah, putih, dan kuning.  

Sejumlah pekerja juga sudah tampak mengerjakan Pohon Mei Hua (Pohon Doa) yang menjadi simbol dari Imlek. Pohon yang mirip Pohon Sakura ini tampak telah berdiri dengan dedaunan pink tepat berada di tengah vihara. Tampak juga pilar-pilar Vihara dan lantai tampak detail dibersihkan para pekerja.

Pengurus Maha Vihara Maitreya, Marwin Tan mengatakan proses persiapan pemasangan ornamen dan pembersihan Vihara dilakukan untuk menyambut Tahun Baru Imlek yang akan berlangsung pada 15 februari hingga 2 maret 2018.

"Seluruh persiapan ini memang diperuntukkan untuk menyambut Tahun Baru Imlek. Kita rayakan imlek mulai dari 15 Februari sampai 2 maret 2018," ucapnya, Rabu (7/2/2018) di Medan.

Selain lampion dan Pohon Mei Hua, akan ada tambahan ornamen replika Anjing. Mengingat pada tahun baru imlek tahun ini adalah Shio anjing tanah.

"Kita juga selanjutnya akan menambahkan beberapa pernak-pernik yang kita pasangkan yang berbau shio anjing. Karena Tahun sio anjing tanah, akan ada beberapa pernak-pernik yang kita pasangkan tahun Anjing Tanah 2569," jawabnya. 

Seperti diketahui, hari raya imlek kali ini menjadi tahun Anjing Tanah 2569. Marwin Tan mengatakan berbagai kegiatan perayaan imlek yang berlangsung selama 16 hari nanti, akan bertemakan anjing.

"Jadi di acara ini kita akan lakuka roadshow yang melibatkan anjing-anjing yang sudah terlatih, selain itu ada juga lomba fashion, talkshow dann lomba-lomba yang lainnya," kata Marwin.

Pada malam puncak acara yang disebut malam Cap Go Meh yang hari terakhir dari masa perayaan Tahun Baru Imlek akan menampilkan pertunjukkan dari jenis anjing pelacak kepolisian.

"Di puncak acara kita akan tampilkan anjing jenis Rottweiler yang merupakan anjing pelacak biasa digunakan kepolisian untuk mendeteksi narkoba atau bom. Ini akan menjadi akhir dari acara di tanggal 2 nanti," pungkasnya. (JS/WDA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00