• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Organisasi Wanita Dilatih Membuat Siaran Pers

14 January
19:04 2018
0 Votes (0)

KBRN, Cilacap: Sejumlah organisasi wanita yang tergabung dalam Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Cilacap dilatih membuat siaran pers (rilis) sekaligus teknik fotografi.

Kegiatan sehari itu diselenggarakan oleh Pimpinan Daerah Persaudaraan Muslimah (PD Salimah) Kabupaten Cilacap di gedung Jalabhumi Setda Cilacap, Minggu (14/1/2018).

Ketua PD Salimah Kabupaten Cilacap, Cicik Setyorini menjelaskan  acara bertajuk Training Jurnalistik Salimah tersebut menjadi program kerja Salimah dalam memaknai kemajuan teknologi, khususnya bidang komunikasi.

“Maraknya pemanfaatan media sosial sebagai sarana menyebarkan informasi harus dimanfaatkan untuk sebesar-besar kemaslahatan organisasi dan masyarakat,” ungkap Cicik.  

Tujuan lain kata dia, sebagai upaya menjadikan sains dan teknologi  untuk sarana dakwah khususnya bagi Salimah dan umumnya bagi anggota GOW.

Diungkapkan, melalui training para peserta diharapkan bisa membuat siaran pers yang benar dengan memperhatikan kaidah jurnalistik.

“Selama ini khususnya di internal Salimah banyak kegiatan, namun sulit terpublikasikan ke media massa. Ini mungkin karena cara penulisan siaran pers kami masih belum sesuai kaidah yang dibenarkan dalam ilmu jurnalistik,” ujarnya.

Ketua GOW Kabupaten Cilacap, Nasirotuddiniyah dalam sambutan pembuka mengapresasi prakarsa PD Salimah pada kegiatan bertema “Optimalisasi Peran Jurnalistik bagi Organisasi“ tersebut.

“Bagi saya ini kegiatan yang sangat luar biasa. Perempuan masa kini jangan lagi dianggap enteng, namun harus mengambil peran-peran penting termasuk melalui penulisan,” jelasnya.

Sulistiana, salah seorang peserta training mengaku antusias mengikuti kegiatan ini.

“Terimakasih PD Salimah sudah menginisiasi kegiatan hari ini. Kami yang bergerak di bidang pendidikan sangat membutuhkan membuat siaran pers yang layak dipublikasikan. Harapannya ada tindak lanjut untuk semakin mengasah keterampilan yang sudah diperoleh,” ucap Sulistiana yang juga Kepala SD IT Buah Hati Cilacap.

Kegiatan diikuti 70 peserta, terdiri dari 10 Pimpinan Kecamatan Salimah, sejumlah organisasi wanita yang tergabung dalam GOW, dan perwakilan dari lembaga pendidikan.

Peserta mendapatkan dua materi , yakni teknik membuat rilis disampaikan oleh wartawan media elektronik, Slamet Riyadi serta teknik fotografi praktis oleh Tri Wahyu Sungkowo, praktisi fotografi dan dokumentasi Cilacap. (Sandy/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00