• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hiburan

Penggemar Koes Ploes di Subang Merasa Kehilangan Atas Meninggalnya Yon Koeswoyo

9 December
05:42 -0001
0 Votes (0)

KBRN, Subang: Personil Grup Band Koes Ploes, Yon Koeswoyo, menghembuskan nafas terakhirnya, di usia ke 77 tahun, hari Jum'at (5/1/2018) sekira pukul 05.00 pagi, selepas Sholat Subuh, karena penyakit komflikasi radang paru-paru dan diabet, yang dideritanya selama ini. Inaalillahi Wainnaa ilaihi roojiuun..... 

Kalimat itulah yang terlontar dari seorang seorang penggemar Koes Ploes, Muhammad Nurwibowo (60) warga Parung Subang.
Atas meninggalnya Personil Grup Band Koes Ploes, Almarhum Yon Koeswoyo, Nurwibowo merasa kehilangan, hanya bisa berdoa, semoga Arwahnya diterima di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa,
Grup Band Koes Ploes, kata Nurwibowo, merupakan grup band Legendaris Tanah Air, sejak era 60an, hingga era Repormasi tidak pernah tergantikan, syair-syair lagunya selalu terngiang sampai sekarang. Dari ratusan Lagu-lagu Koes Ploes, yang paling berkesan, dan selalu mengingatkan dirinya itu.
"Ya Saya masih ingat lagu kenangan Saya sewaktu Saya masih sekolah di Jakarta, ke Jakarta aku kan kembaliii....., itu yang sangat masih ingat bait lagu Koes Ploes itu, ketika Saya pulang Kampung ke Subang, dan harus kembali ke Jakarta untuk belajar," tutur Nurwibowo kepada Radio Republik Indonesia di Subang, Sabtu (6/1/2018).
Karena menurutnya, lagu itu selalu mengingatkannya semasa ia duduk di bangku sekolah SMA sekitar tahun 70 an, waktu itu Nurwibowo sekolah di Jakarta, apabila libur sekolah pulang ke Subang.
Ada satu lagi lagu Koes Ploes yang hingga saat ini masih Nurwibowo kenang yaitu Lagu yang berjudul Desember, yang selalu di kenangnya, jika teringat lagu itu, serasa ingin kembali ke masa remaja dulu, karena dari lagu itu, ada penggalan memory masa remaja, saat memadu kasih dengan sang pacar.
"Satu lagu lagi yang menjadi kenangan Saya waktu itu, yaitu lagu Desember kalau gak salah, waktu itu Saya punya pacar," kenangnya.
Nurwibowo menyebutkan, lagu-lagu Koes Ploes tersebut, paling lengkap, warna dan jenis musiknya, pop, blus, rok and roll, pokoknya lengkap, bahkan grup band Koes Ploes banyak orang yang mengatakan battle nya Indonesia.
Sementara itu, sampai saat ini, belum ada satupun grup band di tanah air yang mampu menyamai kelegendarisannya, memang pernah di era repormasi ini, banyak bermunculan grup band bahkan menjamur, seperti grup band Raja, Changcuter, dan Shela on Seven, namun lagu-lagunya tidak sepopuler dan se hit lagu-lagu Koes Ploes, yang masih enak di dengar, dan masuk di telinga semua kalangan, mulai dari anak kecil, remaja, dewasa termasuk kalangan orang tua, bahkan lansia.
"Lagu-lagu Koes Ploes itu, sepertinya tidak pernah lekang oleh waktu, karena sudah hampir 3 jaman, masih tetap saja tidak tergantikan oleh, lagu-lagu sekarang, seperti lagu yang dibawakan grup band ST 12, Raja, dan D'masive, hanya sebentara dan gampang lupa," jelas Nurwibowo. 
Semestinya para musisi sekarang, masih harus belajar banyak kepada grup band Koes Ploes, meski dengan alat musik yang masih sederhana, mampu menelurkan lagu-lagu yang disusun dalam sebuah album, yang hingga kini masih tetap dikenang.
Kini Blantika musik tanah air, kehilangan musisi handal, dan terbaik di kenang di tiga jaman, selamat jalan Bung Yon Koeswoyo..... Semoga engkau tenang di sisinya.... Dan karya-karya mu abadi di hati para penggemarmu.... (RE/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00