• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

PT KAI Hapus KA Bisnis Secara Bertahap

2 January
19:23 2018
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya : Dua Kereta Api (KA) kelas bisnis yakni Kereta Gumarang dan Sancaka akan dihapus oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI). Untuk pengguna moda transportasi ini bisa beralih ke KA ekonomi ataupun KA kelas eksekutif.

"KA Gumarang dan Sancaka ke depannya untuk kelas bisnis akan dihapus dan tinggal eksekutif serta ekonomi saja, masyarakat tidak perlu khawatir, dari segi pelayanan akan lebih baik," ungkap Gatut Sutiyatmoko, Selasa (2/1/2018).

Kereta Gumarang selama ini melayani jurusan Jakarta Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi. Begitu juga kereta Sancaka yang melayani jurusan Yogyakarta-Surabaya Gubeng nantinya hanya melayani penumpang eksekutif dan ekonomi.

Menurutnya, peniadaan KA bisnis akan dilakukan secara bertahap. Gatut mengakui jika penghapusan kelas bisnis di dua kereta tersebut dilakukan sembari menunggu dari PT Industri Kereta Api (Persero) alias PT INKA sebagai pabrik kereta api.

"Kelas bisnis di dua kereta itu adalah abu-abu. Jadi memang direncanakan akan diberlakukan eksekutif dan ekonomi saja. Biasanya kereta itu membawa 4 gerbong rangkaian bisnis yang berjumlah 64 seat dalam satu gerbongnya. Nanti akan diganti kelas ekonomi dengan 86 seat per gerbong," pungkasnya. (Ben/DS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00