• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada Serentak

Lantik 45 Anggota Panwaslu Se-Distrik Nabire, Ini Pesan Ketua Panwaslu Kabupaten Nabire

7 December
18:55 2017
0 Votes (0)

KBRN, Nabire : Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Nabire gelar pelantikan dan bimbingan teknis kepada Panitia Pengawas Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Propinsi Papua tingkat distrik se Kabupaten Nabire, yang dilaksanakan di aula rumah makan Rado Jl. Yos Sudarso Nabire, Kamis (7/12/2017).

Pantia Pengawas Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Propinsi Papua Tingkat Distrik Se Kabupaten Nabire yang dilantik tersebut berjumlah 45 orang yang tiap Distriknya terdiri dari tiga orang, diambil sumpah janji dan dilantik oleh Ketua Panwaslu Nabire Adriana Sahempa, S.Pak.

“Saya berharap kepada anggota panwaslu distrik yang baru saja dilantik ini agar melaksanakan tugas dengan rasa penuh amanah, bertanggung jawab, dan harus sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ujarnya.

“Tugas berat sudah menanti  anda sehingga sebagai wasit,  ketika bekerja hendaknya mengedepankan kejujuran dan tidak berpihak pada pihak manapun yang bertarung dalam pilgub nanti,” imbuhnya.

Ia mengemukakan usai pelantikan ini maka anggota panwas distrik diminta untuk tetap fokus melakukan tugas pengawasan di distrik dan tidak diperkenankan berkeliaran ke kota, karena di kabupaten sudah menjadi tugas Panwaslu Kabupaten.

"Saya juga minta agar panwas Distrik segera memilih ketua Panwaslu Distrik dengan cara dimusyawarahkan bersama. Jalin hubungan yang baik dengan pemerintah distrik, para tokoh agama, tokoh masyarakat perempuan dan pemuda sebagai mitra kerja,” ujarnya.

“Usai dari sini segera lakukan pemetaan terhadap daerah rawan konflik sehingga tidak menimbulkan masalah, di koordinasikan sehingga mengambil solusi yang terbaik,” imbuhnya.

Terkait dengan bimbingan teknis sehari dirinya meminta agar di ikuti dengan seksama sehingga ketika bertugas tidak menimbulkan kendala-kendala dan tugas dengan mudah dilaksanakan sesuai dengan amanat undang-undang.

Sedangkan untuk materi bimtek yang diberikan dibagi dalam tiga divisi atau komisioner diantaranya yaitu tugas dan fungsi pengawasan panwas, hukum dan penindakan pelanggaran dan sumber daya manusia dan organisasi dalam badan pengawas pemilihan umum.

Kepala Distrik Makimi Fransiskus Douw mewakili 15 Distrik di Nabire menyampaikan pesan kepada Panwaslu Distrik yang baru dilantik agar hendaknya bekerja dengan baik sesuai dengan amanat perudang-undangan yang berlaku serta bermitra dengan pemerintah distrik bahkan para tokoh adat, masyarakat, perempuan, pemdua dan agama.

Sebab, panswalu layaknya wasit memiliki independensi yang tinggi dan di lindungi sesuai dengan aturan dan perundangan yang berlaku serta bekerja dengan jujur dan seadil-adilnya. Dikesempatan itu dilakukan pembacaan pakta integritas oleh anggota panwas kada tingkat distrik dan penandatanganan berita acara sumpah janji jabatan dan pakta integritas. (AS/HF)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00