• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

18 Pendonor Darah Kota Kediri Dapat Kehormatan Menghadap Presiden RI

7 December
17:38 2017
0 Votes (0)

KBRN, Kediri: Sebanyak 18 pendonor darah asal Kota Kediri mendapatkan kehormatan menghadap Presiden RI, Joko Widodo pada tanggal 16 Desember mendatang. Keberangkatan mereka dilepas langsung oleh Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar, di Kota Kediri, Kamis (7/12/2017).

"Belasan orang ini, bukanlah manusia biasa. Mereka adalah orang luar biasa, yang telah menyelamatkan banyak nyawa karena sudah mendonorkan darahnya sebanyak 100 kali," kata Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar, saat menyerahkan Cincin Emas Kehormatan dari PMI Kota Kediri, di Kediri, Kamis (7/12/2017).

Menurut dia, darah adalah sumbangan yang tidak dapat digantikan dengan apapun. Bahkan ilmu pengetahuan dari manapun belum ada yang dapat menggantikan peran darah dalam kelangsungan hidup dan penyelamatan manusia.

"Pada kesempatan ini pula, kami juga mendoakan agar keberangkatan para sukarelawan ini bisa sampai di ibu kota dengan selamat. Kemudian, bisa bertemu langsung dan menghadap Presisen RI, Joko Widodo," ujarnya.

Bagi Abdullah, para pendonor adalah para pahlawan kemanusiaan. Karena, tidak semua orang bisa mendonorkan darahnya secara rutin, apalagi sampai berjumlah 100 kali.

"Apalagi pada dasarnya donor darah ini adalah rasa ikhlas dari lubuk hati dan rasa kepedulian terhadap sesama," katanya.

Dia menyebutkan, pada acara ini para pendonor rutin tersebut menerima cincin emas kehormatan seberat 4 gram dari PMI Kota Kediri. Meski demikian, penghargaan yang diberikan ini tentunya tidak sebanding dengan keikhlasan hati dan niat tulus panjenengan mendonorkan darah.

"Semoga ke depan, akan semakin banyak masyarakat yang secara suka rela melakukan donor darah secara rutin agar PMI Kota Kediri tidak akan kekurangan stok darah dan hal ini juga akan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Kota Kediri," katanya.

Perlu diketahui, ulas dia, para pendonor yang menerima penghargaan di Kantor PMI Kota Kediri pada hari Kamis, 7 Desember 2017 ini di antaranya pendonor rutin tahun 2016. Mereka bernama Agung Wicaksono, Ali Sultonudin, Anang Hudiarto, Edwin Agus Buniarto, Gunawan, dan Pupuk Heru Santoso. Ada pula Sigit Rachmadi, Sulistyo Adri Wibowo dan Sundoro. 

"Untuk pendonor rutin tahun 2017 di antaranya Agung I M, Drs. Hari Siswanto (alm.), Lik Wahyu Widodo, M Irvan, Nuri Zaenal, Paiman, Subiyanto, Sutikno dan Tri Pamungkas S," katanya.

Kemudian, lanjut dia, dari sejumlah nama pendonor tersebut, maka pendonor paling senior adalah Agung I M yang merupakan kelahiran tahun 1952 dan pendonor paling aktif adalah Pupuk Heru Santoso yang telah mendonorkan darahnya sebanyak 112 kali. (ac/AA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00