• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada Serentak

Panwaslih Tapteng Libatkan Masyarakat Awasi Pileg dan Pilpres 2019

7 December
16:49 2017
0 Votes (0)

KBRN, Tapteng : Panwaslih Tapanuli Tengah (Tapteng) melibatkan kelompok masyarakat dalam sosialisasi pengawasan partisipatif di pemilihan legislatif dan Presiden 2019.

Kelompok masyarakat yang dilibatkan dalam sosialisasi pengawasan partisipatif pemilu itu diantaranya nelayan, ibu-ibu pengajian, dan tukang becak.

Ketua Panwaslih Tapanuli Tengah, Safran Matondang menyatakan, masyarakat juga memiliki peran untuk mengawasi sejumlah tahapan dan pelanggaran pemilu, terutama di pemilihan legislatif dan presiden 2019.

“Karena keterlibatan dan peran aktif masyarakat untuk ikut mengawasi pemilu akan sangat membantu terwujudnya pemilu yang jujur dan adil,” kata Safran, Kamis (07/12/2017).

Untuk mewujudkan peran masyarakat tersebut, kata Safran, pihaknya sudah menyerahkan beberapa materi soal bentuk pengawasan yang dapat dilakukan oleh masyarakat di pemilu 2019 nanti.

“Contohnya, kita mengetahui adanya pelanggaran pemilu, masyarakat juga bisa melaporkan kepada pihak terkait seperti panwas kecamatan atau panwas kabupaten,” ujarnya.

Karena itu, Safran berharap adanya sinergitas antara panwaslih dan masyarakat, sehingga pelaksanaan pemilu 2019 dapat berjalan kondusif dan transparan. (Muafd/AA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00