• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Senkom Berperan Penting Bantu Polri Jaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat

7 December
12:36 2017
0 Votes (0)

KBRN, Mataram : Keberadaan dari Senkom Mitra Polri dan Pengurus Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat  (FKPM) Propinsi dan Kabupaten/ Kota di NTB, sangat penting dalam rangka pengamanan Natal dan tahun baru 2018, termasuk pelaksanaan Pilkada Serentak 27 Juni 2018 serta Pilpres 2019 mendatang.

Pada acara pelantikan  80 orang pengurus dan anggota Senkom Mitra Polri dan Pengurus Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat- FKPM Propinsi  dan pengurus Kabupaten/Kota se NTB periode 2017-2022  Kamis pagi (7/12/2017) Wakapolda Nusa Tenggara Barat, Komisaris Besar Polisi Tajuddin,MH  menyatakan Senkom merupakan mitra polisi yang dinilai sangat membantu tugas-tugas kepolisian.

Sebagai mitra sangat membantu tugas-tugas kepolisian. Apalagi Polri pemelihara kamtibmas perlu mendapat  dukungan dari organisasi lain salah satunya Senkom.

“Inilah perpanjangan tangan kita, teman kita dimasyarakat. Dengan keterbatasan  anggota Polri di masyarakat, tentunya akan menjadi luas terutama dalam memberikan informasi tentang situasi keamanan dan ketertiban didalam masyarakat,” ujar Wakapolda NTB, Kombes (Pol) Tajuddin, MH.

Menurutnya, peran dari Senkom selain bisa  menjaga diri sendiri, keluarga termasuk masyarakat pada umumnya dan memberikan informasi sekecil apapun mengenai gangguan keamanan dan ketertiban di dalam masyarakat  di masing-masing wilayah untuk diteruskan kepada Polri guna ditindak lanjuti oleh Polri.

Sementara itu, Ketua Senkom Mitra Polri Propinsi NTB, H. Wawan Hermana menegaskan tantangan kedepan bagi seluruh anggota Senkom adalah pengamanan Natal dan Tahun Baru 2018, serta menjaga situasi keamanan menjelang Pilkada serentak 27 Juni 2018 dan Pilpres 2019 mendatang.

“Jadi sekecil apapun gangguan keamanan adalah juga merupakan tanggungjawab anggota Senkom. Karena itu anggota Senkom dituntut peran sertanya” tegas H Wawan Hermana.

Tugas dari seluruh anggota Senkom  memberikan nasehat apabila terjadi persoalan ditengah masyarakat untuk diselesaikan dengan cara musyawarah dengan harapan konflik yang terjadi tidak meluas.

Apabila persoalan yang muncul tidak bisa diselesaikan dengan cara musyawarah, maka persoalan itu dapat dilaporkan kepada Polri sebagai penanggungjawab umum keamanan dan ketertiban di dalam masyarakat. (ZA/AA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00