• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada Serentak

Panwaskab Sumedang Libatkan OKP dan Pramuka Awasi Pilkada 2018

7 December
11:57 2017
0 Votes (0)

KBRN, Sumedang: Menghadapi pemilihan gubernur/wakil gubernur dan bupati/wakil bupati 2018 mandatang, Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kab. Sumedang  menggelar Rapat Kordinasi (Rakor) Pengawasan Partisipatif Pilkada 2018 dengan melibatkan sejumlah Organisasi Kemasyarakatan dan Kepemudaan (OKP) se Kabupaten Sumedang, di RM Joglo Cimalaka, Kamis (7/12/2017).

Ketua Panwaskab Sumedang, Dadang Priatna mengatakan, sebanyak 20 OKP yang di undang dalam rakor itu, guna membangun kerjasama dengan sejumlah stake holder untuk menghadapi Pilkada nanti maka, panwaskab melibatkan masyarakat dan OKP dalam melakukan pengawasan proses pilkada nanti.

"Pelaksanaan kerjasama pengawasan pilkada, kami berharap segenap OKP dapat menularkan kepada keluarga mereka dan masyarakat dalam menyosialisasikan apa yang harus dilakukan dan pengawasan seperti apa nantinya," ucapnya.

Dadang mengakui, bahwa rasio jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan pengawas dipilkada nanti, dinilai memiliki perbedaan yang signifikan, pasalnya, di kabupaten Sumedang sendiri terdapat 2.020 TPS sedangkan, jumlah pengawas lapangan hanya 1 orang perdesa dari jumlah 277 desa se kab. Sumedang.

"Dengan demikian, pengawasan pilkada tidak cukup dilakukan oleh panwas saja namun, harus melibatkan seluruh stake holder yang ada di Sumedang," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Sekretarit Panwaskab Sumedang, Nurhayat mengakui, bahwa dalam pengawasan partispatif pihaknya telah melakukan penandatanganan kerjasama dengan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Sumedang pada Rabu (6/12/2017) kemarin.

"Ya dalam pengawasan pertispatif, kami pun melibatakan anggota pramuka kwarcab Sumedang untuk mengawasi Pilkada 2018 nanti, yang telah ditandatangani oleh ketua panwaskab Dadang Priatana dan ketua pramuka kwarcab Sumedang Atje Arifin," pungkasnya. (AD/AKS)




tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00