• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada Serentak

Awasi Pemilu 2019, Bawaslu NTB Gunakan Pengawasan Strategi Langsung.

7 December
11:25 2017
0 Votes (0)

KBRN, Mataram: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Nusa Tenggara Barat (NTB) akan menerapkan berbagai strategi dalam melakukan pengawasan terhadap kegiatan yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).
Bahkan, Bawaslu akan melakukan pengawasan dengan strategi langsung terhadap seluruh proses yang dilaksanakan oleh KPU terkait verifikasi  faktual partai politik.
Oleh karena itu pihaknya dalam melakukan pengawasan tersebut hanya ingin memastikan kebenaran dan keabsahannya yang dilakukan oleh KPU.
“Bawaslu hanya ingin memastikan bahwa apa yang dilakukan oleh penyelenggara pemilu dan ingin memastikan apa sudah sesuai dengan Undang-undang,” kata Ketua Bawaslu NTB, Muhammad Khuailid, pada  Sosialisasi Pengawasan  Verifikasi Faktual Peserta Pemilihan Umum 2019 Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu, Kamis (7/12/20017).
Khuwailid menyatakan, pihaknya ingin memastikan kepatutan  semua elemen yang terlibat dalam pemilu baik itu penyelenggara maupun partai politik bahkan pihak pemerintah.
Terkait dengan verifikasi faktual yang dilakukan oleh KPU berkenaan dengan keanggotaan dan pengurus serta kantor parpol, pihak partai politik juga harus ikut serta untuk  mengawal verifikasi.
Dalam melakukan pengawasan, bawaslu mengakui ada keterbatasan personil yang nantinya terlibat karena itulah maka bawaslu berharap keterlibatan semua pihak untuk menjadi pengawas partisipatif.
“Pengawas kami ditingkat desa hingga saat ini belum terbentuk jadi untuk mengkaper pengawasan akan kerjasama dengan OKP dan BEM dan lainnya," tegas ketua Bawaslu dua periode ini. (HS/AKS)

  • Tentang Penulis

    Hayatun Sofian

    <p>Reporter RRI Mataram</p><p>Facebook : </p><h5 class="_5pbw _5vra" data-ft="{"tn":"C"}" id="js_359"><span class="fwn fcg"><span class="fcg"><span class="fwb"><a class="profileLink" data-ft="{"tn":"l"}" data-hovercard="/ajax/hovercard/user.php?id=1788084949" data-hovercard-prefer-more-content-show="1" href="https://www.facebook.com/sofian.j.usman" id="js_4ot">Hayatun Sofian</a></span></span></span></h5><p></p>

  • Tentang Editor

    Agus K Supono

    Redaktur Puspem

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00