• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hiburan

Ratu Keroncong Waldjinah Kembali Raih AMI Awards 2017

4 December
21:04 2017
10 Votes (4)

KBRN, Surakarta: Ratu keroncong Indonesia Waldjinah, meraih penghargaan AMI Awards tahun 2017. Maestro Keroncong asal Kota Solo itu menyabet AMI Award untuk kategori, artis penampil keroncong terbaik dengan lagunya "Panglipur Wuyung".

"Itu menceritakan masa pacaran saya dengan suami saya. Kira kira tahun 1960 lalu. kalau direkamnya ya tahun 1970 an," ungkap Waldjinah kepada RRI, Senin (4/12/2017).

Lagu yang diciptakanya bersama Almarhum Suaminya, Waldjinah Budi, telah diaransemen ulang oleh Gema Nada Pertiwi record, bersama empat lagu lainya. Yaitu lagu berjudul Kembang Kacang, Gombal Gambul dan Ayo Guyu pada 2012 silam.

Tidak diduga ternyata lagu yang mengisahkan masa pacaran Waldjinah bersama suami itu, meraih dua penghargaan sekaligus dalam malam penganugerahan AMI Awards 2017 yang berlangsung di Jakarta 16 November lalu.

Trofi AMI Award 2017 diserahkan oleh produsernya Jaka Winata Susila di kediman Waldjinah di jalan Parang Cantel No 8, Solo.

Kepada RRI, Waldjinah tidak menyangka akan menerima penghargaan kembali di usianya yang sudah senja 72 tahun. Hanya saja ia tidak dapat menerima secara pribadi, karena memang kondisi fisik sudah tidak memungkinkan.

"Saya agak gelo (kecewa) karena anak muda sekarang tidak begitu suka keroncong. Pesan saya kepada generasi muda agar tetap menjaga kesenian asli Indonesia khususnya keroncong. Kalian suka keroncong saya sudah seneng," sambungnya.

Sementara itu kedua penghargaan yang berhasil mendapatkan penghargaan AMI Award 2017 yakni katagori artis penampil terbaik karya produksi keroncong kontemporer stambul/langgam kroncong. Serta produser terbaik karya produksi keroncong kontemporer stambul/langgam keroncong.

Sebagi Produser Jawa WInata Susila mengaku sangat bangga masih mendapat penghargaan tertinggi bagi insan musik tanah air.

"Musik keroncong sampai sekrang penggemarnya masih banyak. Memang tidak sebanyak POP. Paling tidak menjadi penyemangat kami untuk kembali merekam lagu-lagu Eyang Waldjinah," papar Jaka.

Sebelumnya Waldjinah juga telah mendapat tiga penghargaan AMI Awards di tahun 2013 dan tahun 2015. Di antarnya penghargaan untuk katagori presents legend award di tahun 2013. Serta penghargaan artis solo terbaik dan penata musik terbaik bidang keroncong kotemporer di tahun 2017. (MI/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00