• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Begini Penampakan Supermoon di Langit Gorontalo

3 December
22:43 2017
10 Votes (4)

KBRN, Gorontalo : Fenomena Astronomi Supermoon terlihat begitu cantik di belahan langit Gorontalo. Supermoon yang keempat di tahun 2017 ini dapat disaksikan dengan mata telanjang oleh masyarakat. Malam ini, Minggu (3/12/2017) Bulan Purnama terlihat penuh bulatannya serta lebih terang dan lebih besar dari biasanya.

Supermoon merupakan sebutan populer untuk Purnama yang mencapai jarak terdekat bulan dengan bumi. Supermoon yang terjadi malam ini, merupakan penampakan yang keempat tahun ini.

Tetapi supermoon yang terlihat pada mala mini, merupakan satu–satunya yang bisa dilihat dengan mata telanjang. BMKG Stasiun Djalaludin Gorontalo merilis, malam ini bulan berada pada jarak terdekatnya dengan bumi.

“Bulan Purnama malam ini akan terlihat sedikit lebih besar dan lebih terang dari biasanya,” ungkap Fahturi dari BMKG Gorontalo.

Untuk melihat fenemona astronomi ini tidak memerlukan alat khusus. Tetapi jika menggunakan kamera dengan lensa tele, teleskop atau teropong, maka permukaan bulan akan terlihat lebih baik.

Bagi anda yang tidak sempat melihat Supermoon malam ini, tidak perlu kecewa, karena akan ada 2 supermoon di awal tahun 2018. Yaitu terjadi tanggal 2 dan 31 Januari 2018. (FA/WDA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00