• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Bupati Dadang Dorong Kabupaten Bandung Jadi Kiblat Pencak Silat Nasional dan Internasional

14 November
21:36 2017
0 Votes (0)

KBRN, Bandung : Bupati Kabupaten Bandung H. Dadang M. Naser mengharapkan Musda Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI) Kabupaten Bandung  melahirkan memilih pemimpin silat yang nyunda, nyantri dan nyantika sebagaimana tertuang dalam papagon pencak. Selain itu, Dadang juga mengajak untuk menjadikan Kabupaten Bandung sebagai kiblat pencak silat nasional dan internasional.

“Selama ini kita terlalu baik dengan negara lain seperti Vietnam, Malaysia hingga Belanda dan Belgia, sampai-sampai kita berikan semua jurus kepada mereka, sehingga dalam tingkat Sea Games kita kalah dari mereka,” ungkap Dadang Naser dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Agus Firman MSi, di Soreang Kabupaten Bandung, Selasa (14/11/2017).

Dadang Naser juga mengatakan,  budaya Sunda dan kearifan lokal yang berkembang di Kabupaten Bandung merupakan khasanah nilai-nilai luhur yang mampu menjadi perekat soliditas dan solidaritas sosial masyarakat, serta menjadi benteng pertahanan masyarakat terhadap dampak negative yang ditimbulkan dari derasnya arus perubahan akibat dari perkembangan teknologi informasi dan globalisasi.

“Khasanah budaya Sunda juga merupakan factor pendorongyang memiliki kekuatan besar untuk mempercepat laju pembangunan. Sehubungan dengan hal itu budaya Sunda dan kearifan lokal tersebut harus terus kita gali, kita tumbuh kembangkan dan kita lestarikan, agar memberikan kontribusi positif terhadap upaya pencapaian kesejahteraan yang kita lakukan melalui berbagai aktivitas pembangunan,” tuturnya.

Ia menambahkan kultural mengandung pengertian bahwa nilai-nilai budaya Sunda yang melekat dan menjadi jati diri masyarakat Kabupaten Bandung harus tumbug, berkembang dan lestari, menjadi perekat keselarasan dan stanbilitas sosial serta menjadi benteng pertahanan masyarakat terhadap dampak negative arus perubahan global.

“Saya menyambut baik dengan dilaksanakanannya Musyawarah Daerah ini sebagai urang Sunda kita mengenal Papagon Hirup yang bersumber dari kearifan seni dan budaya lokal,” tutupnya. (IR/AZ)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00