• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Empat Ekor Bangkai Ikan Paus yang Terdampar di Aceh Dikuburkan

14 November
21:17 2017
0 Votes (0)

KBRN, Aceh Besar : Empat ekor bangkai ikan paus yang mati karena terdampar di tepi pantai Ujung Kareung, desa Durung, kecamatan Mesjid Raya, kabupaten Aceh Besar, Aceh dikubur langsung di lokasi tidak jauh dari bangkai mamalia laut ini mati, Selasa (14/11/2017). 

Hingga malam ini, proses penguburan ikan masih terus berlangsung. Ikan tersebut dikubur dalam lubang yang masing-masing telah disediakan. Proses penggalian dilakukan dengan menggunakan alat berat yang langsung didatangkan ke lokasi terdampar. 

Ada tiga titik lokasi ikan paus ini mati. Ikan dengan yang memiliki bobot 10 ton lebih itu mati tepat di bibir pantai. Lokasi bangkai terpisah antara satu dengan ikan yang lainya. 

Dua ekor bangkai ikan paus berada di titik lokasi yang berdekatan, sementara dua ekor lainya berada di lokasi terpisah berjarak sekitar 400 meter. 

"Ikan itu dikubur di lokasi yang berdekatan. Kemungkinan yang dua ekor berdekatan dikubur dengan lubang terpisah, namun berdekatan. Kemudian yang dua ekor lainya, langsung dikubur di lokasi bangkai terdampar," kata Arman Sayuti selaku dokter hewan dari pusat kajian satwa liar Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh di lokasi kepada RRI, Selasa (14/11/2017). 

Dia menyebutkan, sebelum dikubur tim dokter terlebih dahulu melakukan autopsi pada salah satu ikan. "Kita mengambil sampel pada tubuh ikan, yang kita ambil seperti kulit, hati, dan paru-paru," ujarnya. 

Proses autopsi di lakukan tidak di tepi pantai. Namun bangkai ikan paus tersebut ditarik ke darat agar air laut tidak tercemar. Autopsi dilakukan oleh tim dokter bersama BKSDA Aceh dan instansi terkait lainya. 

"Kita lakukan autopsi agak ke darat. Jadi ditarik dulu dengan alat berat ke darat. Ini kita lakukan agar tidak tercemar pantai, kan banyak darah," ujarnya. 

Warga sejak sore hingga malam ini masih berada di lokasi untuk menyaksikan proses penguburan keempat ekor bangkai ikan paus. 

Diketahui bangkai ikan paus tersebut memiliki panjang rata-rata 10 meter dengan diameter empat meter dan tinggi badan 2,5 meter. 

Ikan ini terdampar pada Senin (13/11/2017) kemarin. Awalnya warga melihat kawanan ikan paus tersebut berada di tengah, namun lama-kelamaan terdampar ke pinggir pantai. Ikan paus tersebut jenis Sperma. (Mj/DS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00