• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Operasi Zebra Berakhir, Satlantas Polres Bukittinggi Keluarkan 908 Surat Tilang

14 November
20:32 2017
0 Votes (0)

KBRN, Bukittinggi : Sesuai instruksi Korp Lantas Polri dalam Operasi Zebra 2017, Satuan Lalu Lintas Polres Bukittinggi telah melakukan penindakan setiap pelanggaran lalu lintas, terhitung dari tanggal 1 hingga 14 November 2017.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bukittinggi AKP Sukur Hendri Saputra mengatakan pelanggaran pada operasi zebra ini masih didominasi sepeda motor, dengan pengendara usia remaja, pengendara yang tidak memakai helm, tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), tidak membawa Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Untuk mini bus dan kendaraan pribadi juga ditemukan sejumlah pelanggaran, serta sepeda motor yang menggunakan lampu strobo warna biru.

“Hasil  Operasi Zebra 2017, jumlah penindakan tilang 908 Set, teguran 174 lembar, dan barang bukti yang ditahan, SIM sebanyak 401 set, STNK 329 set, dan kendaraan 178 unit, yang dendanya dibayarkan melalui sistem elektronik tilang, kerjasama dengan BRI, serta selama kegiatan ini berjalan tidak ada kecelakaan lalu lintas,” jelasnya, Selasa (14/11/2017).

Menurut Sukur Hendri Saputra, 908 surat tilang yang dikeluarkanpada operasi zebra tahun ini masuk kategori banyak, namun angka ini turun jika dibandingkan dengan hasil operasi zebra tahun 2016, dengan  1.235 lembar surat tilang yang dikeluarkan.

“Dilihat dari tujuan operasi zebra untuk menurunkan angka pelanggaran lalu lintas dan kecelakaan, secara umum telah tercapai, pelanggaran ini dinilai tidak terlalu tinggi, begitu juga kecelakaan lalu lintas yang minim selama pelaksanaan Operasi Zebra 2017,” terangnya.

Sukur Hendri Saputra menilai, Operasi Zebra juga telah meningkatkan kepercayaan masyarakat pada Polisi, terutama dalam hal penerapan elektronik tilang yang bekerjasama dengan BRI untuk proses pembayaran denda dari pelanggar, hal ini menandakan Polisi komit menegakkan aturan, tanpa adanya keinginan untuk merugikan masyarakat.

Pada kesempatan yang sama Kepala Bagian Operasional Satuan Lalu Lintas Polres Bukittinggi Iptu Dedi Kurnia menuturkan, selama operasi zebra, juga tercipta situasi dan kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar Lantas) di wilayah Hukum Polres Bukittinggi, dan ditargetkan kedepan situasi seperti ini dapat dipertahankan, dengan intensifnya peran personil dilapangan.

“Operasi zebra tahun 2017 ini melibatkan 30 orang personil, yang juga dibantu Kodim 03/04 Agam, dan Satuan Polisi Militer, dilaksanakan secara situasioner atau melihat kondisi tertentu dan juga sistem hunting lapangan, yang penindakannya sesuai dengan Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan nomor 22 tahun 2009.

Dedi Kurnia menambahkan, Operasi Zebra 2017 berjalan lancar, tertib dan kondusif, dapat menekan laka lantas, dan menghimbau masyarakat pengguna jalan agar selalu taat, serta mematuhi peraturan lalu lintas walaupun Operasi Zebra telah berakhir.

Sementara itu Kapolres Bukittinggi AKBP Arly Jembar Jumhana mengatakan, pelanggaran lalu lintas yang diawasi petugas dilapangan meliputi, proses menaikkan dan menurunkan penumpang, melintas di bahu jalan, menggunakan rotator atau lampu blitz, serta plat nomor kendaraan yang tidak sesuai dengan spesifikasi.

“Seluruh pelanggaran yang dilakukan masyarakat dalam Operasi Zebra ini, ditindak sesuai aturan hukum yang berlaku, sehingga kegiatan ini tepat sasaran sesuai yang diprioritaskan, dan menimbulkan efek jera bagi setiap pelanggar aturan,” tukasnya.

Menurut Arly Jembar Jumhana, kedepan masyarakat sebagai pengguna jalan harusnya lebih memahami aturan dalam berlalu lintas, sehingga target Polisi menurunkan angka pelanggaran lalu lintas dan kecelakaan juga terbantu.

“Apalagi di Kota Bukittinggi, setiap momen liburan dan akhir pekan identik dengan keramaian, sehingga perlu antisipasi petugas di lapangan, agar tidak terjadi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas,” ulasnya. (YPA/DS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00