• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Olahraga

Jadi Lokasi Finish Perdana TdS, Bukittinggi Lakukan Persiapan Matang

14 November
19:13 2017
0 Votes (0)

KBRN, Bukittinggi : Pemerintah Kota Bukittinggi lakukan persiapan matang sebagai lokasi finish dan penutupan, dalam iven balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) ke 9 tahun 2017, yang akan dihelat pada 18 hingga 26 November 2017.

Pelaksanaan TdS 2017 dijadwalkan start di Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, pada Sabtu 18 November 2017, direncanakan diikuti peserta dari 36 negara, yang terbagi pada 20 tim, 6 diantaranya tim nasional, serta 14 lainnya tim internasional. 

Tour de Singkarak ke 9 tahun 2017 ini, terbagi kedalam sembilan etape, melewati hampir seluruh Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat, dan Kota Bukittinggi akan menjadi lokasi finish di etape ke sembilan.

Demikian disampaikan Wali Kota Bukittinggi M. Ramlan Nurmatias dalam konferensi pers, Selasa (14/11/2017), menurutnya, dipilihnya Bukittinggi sebagai lokasi finish, merupakan untuk pertama kalinya, dan jelas ini akan membawa banyak keuntungan, terutama dari segi kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara.

"Delapan kali pelaksanaan TdS sebelumnya, Kota Padang yang selalu menjadi lokasi penutupan lomba, dan berdasarkan kemampuan daerah untuk penyelenggaraan tahun ini Kota Bukittinggi memenuhi persyaratan sebagai tempat finish oleh panitia pusat,” jelasnya.

M. Ramlan Nurmatias menjelaskan, persiapan sebagai lokasi penutupan TdS akan mendorong daerah melakukan persiapan lebih banyak sehingga hal itu yang menjadi pendorong perkembangan daerah.

“Menjadi lokasi finish, juga akan memberi keuntungan bagi hunian hotel, restoran dan lokasi-lokasi kuliner, serta promosi produk kerajinan tangan dari Usaha Kecil dan Menengah (UKM),” terangnya.

Finish etape ke sembilan ini sambung M. Ramlan Nurmatias, seluruh pebalap nantinya memulai start dari Kabupaten Pasaman menuju Kota Bukittinggi, dengan jarak tempuh 117,2 KM. Rute di Bukittinggi berawal dari Simpang Taman, lanjut ke Jalan Veteran – Simpang Tembok – Jalan Ahmad Yani – Jam Gadang.

Loop Sirkuit Kota Bukittinggi : Mulai dari Jalan Sudirman – Simpang Jambu Air – Simpang Taluak – Jalan M. Yamin – Jalan Sutan Syahrir – Tugu Polwan – Jalan Sudirman (Enam Kali Putaran), dengan lokasi finish di depan Lapangan Wirabraja atau Kantin.

"Ajang balap sepeda internasional ini selain olahraga, juga untuk mempromosikan wisata daerah karena itu sedapatnya seluruh daerah dilewati, dan Tour de Singkarak besar artinya untuk promosi spot pariwisata agar dikenal dunia, karena itu dukungan penuh harus datang dari seluruh warga Kota Bukittinggi,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Bukittinggi Erwin Umar menyebutkan, iven balap sepeda internasional itu akan memberikan efek yang banyak untuk warga kota.

“Multi efek dari kegiatan ini yang kita inginkan, promosi daerah, sewa kamar hotel, penjualan handycraft, dan kegiatan ekonomi lainnya selama tiga hari tiga malam,” ujarnya.

Menurut Erwin Umar, sebagai lokasi penutupan TdS ke 9, pihak pemerintah telah membicirakan dengan pihak Event Organizer (EO), untuk mengadakan sirkuit city sebelum finish, yang dilakukan di Jalan Sudirman seputaran Lapangan Wirabraja atau Kantin, Kodim 0304 Agam.

“Lokasi finishnya akan diadakan di Jl. Jenderal Sudirman, karena syarat lokasi finish, jalan yang lebarnya 8 meter. Sebelum pebalap sepeda sampai di finish, mereka akan melalui sirkuit di dalam kota, nanti lintasannya setelah survey dari tim EO,” ujarnya.

Sementara untuk memeriahkan penutupan TdS tahun ini sambung Erwin Umar, pemerintah kota Bukittinggi telah menyiapkan serangkaian kegiatan lainnya, dan akan mendatangkan artis ibu kota.

Ini rute lengkap iven balap sepeda internasional Tour de SIngkarak (TdS) tahun 2017:

  1. Etape 1 Batu Sangkar Kabupaten Tanah Datar - Kota Padang (109,3 Km)
  2. Etape 2 Painan Kabupaten Pesisir Selatan – Kota Sawahlunto (155,9 Km)
  3. Etape 3 Muaro Kabupaten Sijunjung - Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya (161,3 Km)
  4. Etape 4 Danau Singkarak – Kota Payakumbuh (106,4 Km)
  5. Etape 5 Kota Solok – Kabupaten Solok Selatan (153,2 Km)
  6. Etape 6 Kota Solok – Kayu Aro (145,7 Km)
  7. Etape 7 Kabupaten Limapuluh Kota – Kota Padang Panjang (112 Km)
  8. Etape 8 Kabupaten Padang Pariaman – Kabupaten Agam (135,2 Km)
  9. Etape 9 Kabupaten Pasaman – Kota Bukittinggi (117,2 Km)

(YPA/HF)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00