• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Kapolres Mataram: Hati-Hati Bila Ada yang Menjual Motor Bekas dengan Harga Miring

14 November
18:50 2017
0 Votes (0)

KBRN, Mataram : Sat Reskrim, Polres Mataram meringkus tiga orang  pelaku penadah motor curian. Mereka memperjualbelikan sepeda motor jenis  Honda Beat keluaran 2012  seharga Rp 3,5 juta.

Sepeda motor tersebut diduga dicuri dari tempat parkir lapangan futsal di Pagutan, Mataram. Kemudian sepeda motor diganti  dengan plat nomor palsu DR 2451 BR disita dari tersangka MS alias BA (38), seorang tukang, warga Guntur Macan, Gunung Sari, Lombok Barat.

Kapolres Mataram, AKBP Muhammad,SIK dalam keterangan pers, Selasa petang (14/11/2017) membenarkan, ketika pelaku memperjualbelikan sepeda motor yang diduga hasil curian dengan TKP lapangan futsal di Pagutan Mataram.

“Sepeda motor itu hasil pencurian setahun  yang lalu, yakni pada 16 Oktober 2016. Korbannya pada saat itu tengah asyik bermain futsal. Saat hendak pulang baru tersadar motor seharga Rp 9 juta itu sudah raib,” ujar Kapolres.

Para tersangka ditangkap di tempat yang berbeda. Tersangka BA ditangkap saat dalam perjalanan ke Lombok Tengah bersama istri pertamanya pada Sabtu (11/11/2017). Sementara dua tersangka lain diamankan ditempat yang sama dan dalam waktu yang bersamaan, AB (28) dan JN (30) diamankan di Pagutan Senin (13/11/2017).

BA mengakui membeli motor tersebut dari tetangganya, AB (28) dan JN (30) seharga Rp 3,5 juta. BA menjelaskan, dirinya tidak mengetahui kalau motor tersebut ternyata hasil curian.

“Saya hanya diberi tahu  BPKB masih di bank ya, kemudian saya berani  membeli motor tersebut,” kata BA.

Sementara AB didepan penyidik  mengaku dirinya hanya membantu menjualkan atas suruhan JN.

“Saya cuma disuruh jualkan dan saya dapat untung Rp 500 ribu,” sebut AB.

Apapun alasan para pelaku, mereka tetap  disangkakan dengan pasal 480 KUHP dengan ancaman penjara paling lama empat tahun. Karena menjualbelikan sepeda motor hasil curian.

Kapolres Mataram, AKBP Muhammad menanggapi kasus tersebut, mengimbau masyarakat untuk berhati-hati bila ada yang menjual motor bekas dengan harga di bawah standar.

“Jangan karena murah harga motor, lalu tergiur untuk membeli. Hal ini bisa  menjadi  masalah  dan akhirnya juga rugi,” harapnya.

Kapolres juga berharap kepada pemilik kendaraan tersebut bisa datang ke Polres Mataram untuk mengambil barang bukti dengan menunjukkan bukti kepemilikan. (ZA/HF)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00