• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada Serentak

Tiga Komisioner KPU Sampang Masih Aktif di Ormas

14 November
17:50 2017
0 Votes (0)

KBRN, Sampang: Selain dua anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang, Miftahur Rozaq dan Addy Imansyah yang masih aktif menjadi Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) setempat, Ketua KPU Sampang Syamsul Muarif juga mengakui kalau dirinya juga masih aktif menjadi pengurus di PCNU.

Menurut Syamsul, dirinya dan dua anggota KPU Sampang itu siap mengundurkan diri sebagai pengurus PCNU, untuk menindaklanjuti surat edaran dari KPU pusat pada 7 November 2017 dan telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, yang meminta kepada anggota KPU baik di tingkat pusat, provinsi dan kabupaten yang masih aktif dalam kepengurusan organisasi kemasyarakatan yang berbadan hukum dan tidak berbadan hukum, agar mengundurkan diri dari kepengurusan ormas tersebut.

“Memang baru dibuat suratnya ini masih dalam proses,” ucapnya, Selasa (14/11/2017).

Sebelumnya, Miftahur Rozaq mengatakan, dirinya siap melaksanakan perintah yang tertulis di surat edaran tersebut, pihaknya sudah mengajukan surat permohonan mengundurkan diri dari kepengurusan PCNU Sampang tertanggal 10 November.

Ia mengaku juga terdaftar sebagai pengurus harian IKA PMII Sampang dan untuk surat pengunduran dirinya sudah dibuat namun belum disampaikan ke ketua IKA PMII setempat.  

Rozaq mengaku, dirinya baru mengajukan surat pengunduran dirinya dari ormas karena memang masih menunggu SE dari KPU pusat sebagai petunjuk teknis untuk kemudian melakukan ketentuan dalam undang-undang tersebut.

“Karena kita ingin ada panduan secara teknis karena penjabarannya ada beberapa hal yang belum kami pahami seperti yang berbadan hukum dan tidak berbadan hukum,” ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan Addy Imansyah yang juga diketahui masih aktif di kepengurusan PCNU Sampang dan IKA PMII. Addy mengaku, telah mengajukan surat pernyataan mengundurkan diri sebagai pengurus PCNU Sampang tertanggal 11 November.

“Kalau untuk yang IKA PMII saya belum mengajukan, Insya Allah dalam waktu dekat saya akan membuat suratnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris PCNU Sampang, Mahrus Zamroni membenarkan, kalau dua anggota KPU atas naman  Miftahur Rozaq dan  Addy Imansyah sudah mengajukan surat pengunduran dirinya sebagai pengurus PCNU sejak pekan lalu, tetapi pihaknya masih menunggu surat rekomendasi dari PBNU untuk melakukan penggantian antar waktu (PAW).

“Karena itu sudah menjadi acuan dari penyelenggara pemilu, maka konsekuensinya mereka harus mengundurkan diri dari kepengurusan PCNU,” ucapnya, Senin (13/11/2017).

Berdasarkan surat edaran yang dikeluarkan KPU Republik Indonesia, surat keputusan pemberhentian dari ormas dan surat pernyataannya, diserahkan kepada KPU paling lambat 30 hari terhitung sejak 29 Desember 2017. (Wan/AKS) 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00