• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Indonesia Dorong Penyelesaian Konflik Laut Cina Selatan

14 November
16:23 2017
0 Votes (0)

KBRN, Manila: Pemimpin negara anggota ASEAN dan Republik Rakyat Tiongkok (RTT) mengumumkan untuk memulai negoisasi kerangka kode etik atau code of conduct (CoC) untuk penyelesaian sengketa Laut Cina Selatan.

Persoalan sengketa Laut Cina Selatana menjadi perhatian serius peserta Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-20 ASEAN-RRT, yang digelar  di Philippine International Convention Center (PICC), Manila.

Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi mengatakan Singapura ditunjuk sebagai koordinator negoisasi butir-butir CoC sehingga Singapura yang memiliki kewenangan untuk menentukan waktu negoisasi bersama Cina.

“Negoisasi untuk CoC dimulai. Sekarang berarti tinggal proses memulai kapan dan lain sebagainya.  Untuk itu, ASEAN-RRT yang menjadi koordinator adalah Singapura. Berarti Singapura yang berbicara dengan RRT untuk menentukan tanggal negoisasi,” kata Menlu Retno, kepada wartawan termasuk wartawan Radio Republik Indonesia, Selasa (14/11/2017).

Lebih lanjut, Menlu mengatakan Indonesia akan aktif untuk mendorong agar negoisasi CoC sengketa Laut Cina Selatan segera rampung.

“Kemarin hampir semua leader menekankan pentingnya segera dimulai karena sudah ada kesepakatan ditingkat leader. Kita akan segera push agar finalisasi negoisasi terus dilaksanakan,” tegasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mendorong negara-negara ASEAN dan Tiongkok bekerja sama untuk segera memulai dan menyelesaikan proses negosiasi CoC sengketa Laut Cina Selatan. (Sgd/Andi Romdoni/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00