• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Luar Negeri

Tersangka Lain Pembunuh Kim Jong-Nam Kemungkinan Masih Ada di Malaysia

14 November
14:09 2017
1 Votes (5)

KBRN, Kuala Lumpur: Salah satu tersangka pembunuh Kim Jong Nam, pria Korea Utara bernama Ri Ji Yu atau dikenal sebagai James kemungkinan masih berada di Malaysia.

Petugas penyelidik Wan Azirul Nizam Che Wan Aziz dalam sidang yang digelar di Shah Alam sebelumnya, Senin (14/11/2017), mengakui bahwa nama Ji U tidak masuk dalam daftar sembilan nama yang tercantum dalam surat kepala divisi penegakan Departemen Imigrasi KLIA.

Sembilan nama tersebut termasuk dua terdakwa Siti Aisyah dan Doan Thi Huong.

Sementara itu pengacara Siti Aisyah, Gooi Soon Seng kepada media, Selasa (14/11/17) menjelaskan sosok Ji Yu yang terdapat dalam foto di handphone Siti Aisyah kemungkinan masih berada di Malaysia karena pihak penyidik tidak pernah melacak pergerakan pria tersebut.

“Penyidik setuju bahwa tersangka O Jong Gil bukanlah sosok James. James adalah sosok pria yang berada dalam foto di handphone Siti Aisyah.  Dan Ri Ji Yu tidak pernah berada di KLIA 2 atau KLIA saat kejadian berlangsung,” jelas Gooi.

Sementara itu pendapat keterlibatan Korea Utara dalam kasus ini juga disebutkan dalam sidang.

Salah satunya melalui penggunaan mobil kedutaan Korea Utara yang digunakan salah satu tersangka, Jong Chol untuk mengangkut tersangka lain setelah kejadian dari akhir Oktober 2015 sampai dia ditahan.

“Kemudian kami meminta bukti apakah dia melakukan penyelidikan kepada Li Jong Chol terkait mobil yang digunakan. Dan penyidik membuktikan bahwa mobil yang dikendarai Jong Chol adalah mobil mikik kedutaan Korea Utara, dan dia telah memakainya sejak Oktober 2015 sampai hari kejadian berlangsung,” tutupnya.

Lebih lanjut penyidik juga mengkonfirmasi bahwa bukti uang tunai yang ditemukan bersama Jong Chol sebesar US $ 38.000 didapatkan dari seorang Korea Utara bernama Kim Chun Hui dan tiga lainnya lainnya untuk membeli mie lunak (mi lembut) guna dikirim kembali ke Korea Utara pada Oktober 2016 lalu. (Aldila T/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00