• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya

Ganjar Pranowo Ajak Generasi Muda Lestarikan Budaya Bangsa

14 November
04:17 2017
0 Votes (0)

KBRN, Semarang : Wayang merupakan kebudayaan yang syarat akan ilmu, sehingga sangat efektif dijadikan media untuk mensosialisasikan nilai-nilai kebangsaan, anti SARA dan keagamaan. Hal tersebut dikemukakan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dalam acara pagelaran Wayang Tujuh Hari Tujuh Malam di halaman LPP RRI Semarang, Senin malam (13/11/2017).

Ganjar mengaku selalu mengusulkan kepada Kepala Daerah untuk mengadakan pagelaran kesenian secara kolosal agar anak-anak dapat ikut serta. Apalagi sekarang ada teknologi kamera, Youtube, media sosial, yang semuanya itu sebenarnya bisa ditampilkan, dan akan menjadi data digital yang bisa dilihat terus menerus.

"Panggung untuk seniman tidak akan pernah cukup. Apalagi sekarang ada teknologi kamera, Youtube, media sosial. Semuanya itu sebenarnya bisa ditampilkan, dan ini akan menjadi data digital yang bisa dilihat terus menerus.” Ujar Gubernur.

Seiring dengan perkembangan teknologi, Pedalang dapat mengekspresikan kesenian Wayang menjadi lebih kreatif dan inovatif, sehingga pagelaran wayang tidak hanya ditampilkan secara tradisional saja akan tetapi dapat dikonversikan ke bentuk yang lebih modern.

"Dengan menggunakan efek-efek dan memanfaatkan perkembangan teknologi, wayang dapat ditampilkan lebih menarik untuk anak muda. Tidak hanya wayang kulit, namun kesenian wayang lain seperti wayang orang," ucapnya.

Menanggapi masalah menurunnya minat pemuda untuk menjadi seniman tradisional, Ganjar mengatakan anak muda saat ini perlu dibiasakan dengan kesenian tradisional secara terus-terus, dan diberikan panggung untuk pagelaran agar mereka dapat menyaksikan.

"Kita sangat perlu memberikan kesempatan generasi muda untuk ikut serta tampil dalam pagelaran kesenianm dan menumbuhkan kepercayaan dirinya untuk ikut serta melestarikan kesenian," imbuhnya.

Kepada masyarakat luas, Gubernur mengimbau agar selalu mencintai kebudayaan Indonesia sekaligus ikut serta melestarikannya.

“Kalau Bung Karno bilang, bentuk kepribadian dalam kebudayaan, dan ini bagian dari cinta tanah air,” Pungkas Ganjar. (Dea/DNA/AA).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00