• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya

Festival Busana Unik Sukses Pukau Warga Sumenep

13 November
01:15 2017
1 Votes (1)

KBRN, Sumenep: Festival Busana Unik 2017 yang digelar Komunitas Jurnalis Sumenep (KJS) hasil kerjasama dengan Disparbudpora setempat, Minggu (12/11/2017) sukses memukau ribuan penonton dari depan Masjid Agung hingga Kampung Baru, Kota Sumenep. 

Event yang pertama kali digelar ini dan diikuti sedikitnya 39 peserta mampu memberikan suguhan menarik dengan hasil kreativitas yang tidak kalah dengan daerah lain. Bahkan banyak warga yang berbondong untuk berfoto.

Banyak desian yang diusung peserta, mulai dari tema labang mesem kraton Sumenep, garuda, barong hingga etnic. Termasuk dalam penggunaan bahan yang cukup mudah didapat, salah satunya daun siwalan, serabut kelapa dan batik khas Sumenep.

Ketua KJS Abdul Rahem mengatakan, kegiatan ini sebagai wadah bagi seniman Sumenep yang mempunyai kreativitas dalam mendesain dan menciptakan busana unik yang selama ini jarang diketahui secara luas.

"Festival Busana Unik ini bertujuan untuk memberikan ruang atau kesempatan bagi warga Sumenep yang memiliki keahlian dan kreativitas merangkai busana," kata Rahem, Minggu (12/11/2017).

Lanjut Rahem, pihaknya bahkan tidak menyangka, konsep yang dibuat sederhana karena waktu persiapan event terbilang minim mampu menyedot perhatian masyarakat Kabupaten Sumenep.

Ditegaskan, Festival Busana Unik merupakan modal awal untuk terselanggaranya kegiatan yang lebih besar dan matang dengan konsep Sumekar Etnic Fashion Carnival. KJS selaku pencetus akan terus mengawal.

"Tahun depan sudah kita sepakati dan telah mendapat dukungan dari Pemkab Sumenep untuk menggelar Sumekar Etnic Fashion Carnival," paparnya.

Sementara Kepala Disparbudpora Sumenep Sufianto menyatakan, akan mendukung langkah KJS untuk menggelar Sumekar Etnic Fashion Carnival di 2018 mendatang.

"Kegiatan ini sangat luas biasa dan harus dikembangkan kedepannya. Dalam kegiatan serupa kita serahkan kepada KJS yang melakukan konsepnya," tutur Sufianto.

Menurutnya, Pemerintah Daerah merasa terbantu dengan keseriusan KJS memberikan wadah bagi seniman busana di Kabupaten Sumenep dan turut menyukseskan Visit Sumenep 2018. (Sup/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00