• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hiburan

Berburu Dollar Ala Komunitas Youtuber Asal Sumedang

12 November
16:20 2017
1 Votes (4)

KBRN, Sumedang : Bagi anda yang memiliki gadget atau handphone berkamera, sayang sekali jika anda menggunakannya hanya untuk berfoto selfie saja. demikian diungkapkan komunitas youtuber asal Sumedang Jawa Barat.

Komunitas youtuber Sumedang, mencoba manfaatkan fasilitas kamera video di gadget androidnya dalam mengambil moment tertentu dan langsung mengaploudnya ke yuotube. Bahkan, beberapa anggotanya sudah mendapatkan penghasilan dari yuotube setiap bulannya ratusan dolar. 

Ketua Yuotuber Sumedang Krisna Supriatna mengakui, saat ini youtuber Sumedang beranggotakan 27 orang,  keseharian dari mereka memiliki hobi dalam videografi meng upload video ke youtube.  

"Saya hanya punya hape android jadul yang digunakan untuk mengambil gambar,  edit video,  dan upload ke youtube," terangnya kepada RRI, Minggu (12/11/2017).

Krisna mengakui, sudah mendapatkan penghasilan pendapatan dari youtube. Namun, semua itu tidak semudah membalikan telapak tangan.

"Butuh proses untuk mendapatkan penghasilan dari Youtube," ujar pemilik channel Krisna euy.

Krisna menambahkan,  bahwa untuk menjadi seorang kreator youtube butuh super sabar,  super kreatif dan ide-ide gila. Hal tersebut dilakukan agar channel kita bisa diterima oleh netizen di seluruh dunia. 

"Menjadi youtuber merupakan hobi atau pekerjaan mulia, karena bisa mengangkat budaya, peristiwa dan orang-orang biasa menjadi luar biasa lewat youtube," kata Krisna. 

Menurutnya, komunitas youtuber Sumedang selama ini banyak mengexplore Sumedang,  jelas membantu promosi wisata dan budaya yang ada di Sumedang.

Selain itu, kreasi di komunitas youtuber Sumedang juga mencoba memberikan informasi melalui tutorial-tutorial yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. 

"Komunitas youtuber Sumedang mengajak kaum millenial khusunya di Sumedang untuk cermat menggunakan hape android memanfaatkannya dengan hal positif salah satunya mengupload video di youtube yang terbukti dapat menghasilkan uang. 
Namun, video yang di upload adalah video yang bermanfaat, edukasi dan mengandung informasi yang bernilai," tandasnya. (AD/WDA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00