• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hiburan

FFI 2017, Film Nigth Bus Raih Banyak Piala Citra

12 November
08:23 2017
0 Votes (0)

KBRN, Manado:  Film Night Bus yang merupakan besutan Sutradara Heradi  mendapat Piala Citra sebagai Film Terbaik pada Festival Film Indonesia yang digelar di Grand Kawanua Internasional Conference di Manado, Sabtu (11/11/2017).

Penghargaan diberikan langsung Presiden Republik Indonesia ke V Megawati Sukarno Putri kepada Prodeser Darius Sinatria yang diampingi para pemain film dan sutradara.

Film Night Bus sendiri meraih banyak  penghargaan  seperti Pemeran Utama Terbaik  Teuku Fifnu Wikana Penyunting Gambar Terbaik Kelvin Nugroho dan Sentot Sahid, Penata Rias terbak Chery Wirawan, Penata Busana Terbaik Gemaila Gea Geriantiana.

Sekretaris Jendral Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Didik Suhardi ketika membawakan sambutan pada awal kegiatan  memberikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang berkenan menjadi tuan rumah pelaksanaan FFI 2017.

Menurutnya Piala Citra merupakan barometer kemajuan perfileman di tanah air yang berfungsi sebagai tolok ukur prestasi, apresiasi dan  promosi bagi film Indonesia .

“Dengan a FFI kami harapkan adanya  peningkatan  peningkatan standar film Indonesia  juga mempopulerkan film Indonesia kepada penonton dengan rangkaian kegiatan yang mengiringnya,” ungkap Sekjen Kemendikbud.

Lanjutnya film sebagai produk budaya diharapkan menjadi tuntunan dan tontonan yang menarik bagi Bangsa Indonesia yang juga dapat menanamkan nilai-nilai budaya dan karakter.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey merasa bangga Festival Film Indonesia dapat digelar di daerah nyiur melambai tercinta.

“kami harap industry perfileman terus maju dan berkembang terutama mengedapankan kebudayaan ataupun pariswiasat daerah daerah di tanah air,” kata Gubernur.

Dondokambey menjelaskan  sendiri dalam kurun  terakhir ini ada sejumlah produksi film yang mengambil beberap tempat wisata di Sulut seperti Senjakala di Manado, Tom and Jerry dan Hujan di Bulan Juni.

Pelaksanaan Festival Film Indonesia di Manado yang  dihadiri Ketua Panitia FFI Pusat Lenny Lolang, Ketua Panitia Daerah Rita Dondokambey Tamuntuan,  pelaku perfileman tanah air seperti sutradara, aktris, actor terkenal di tanah air juga memberikan Lifetime Achievement Awards Budiyati Abiyoga yang juga seorang produser.(Bobby/AKS)

Berikut Peraih Citra FFI 2017

 1. Pemenang kategori Penata Busana Terbaik Festival Film Indonesia 2017 adalah Gemailla Gea Gerintiana dalam Night Bus!

2. Pemenang kategori Penata Rias Terbaik Festival Film Indonesia 2017 diraih oleh Cherry Wirawan dalam film "Night Bus".

3. Pemenang kategori Penata Suara Terbaik Festival Film Indonesia 2017 adalah Khikmawan Santosa & Anhar Moha dalam Pengabdi Setan.

4. Pemenang kategori Penata Musik Terbaik Festival Film Indonesia 2017 adalah Aghi Narottama, Tony Merle & Bemby Gusti dalam Pengabdi Setan.

5. Pemenang kategori Sinematografi Terbaik Festival Film Indonesia 2017 adalah Ical Tanjung dalam Pengabdi Setan.

6. Pemenang kategori Pengarah Artistik Festival Film Indonesia 2017 adalah Allan Sebastian Pengabdi Setan.

7. Pemenang kategori Pencipta Lagu Tema Terbaik Festival Film Indonesia 2017 adalah The Spouse Kelam Malam Pengabdi Setan

8. Pemenang kategori Pemeran Anak Terbaik Festival Film Indonesia 2017 adalah Muhammad Adhiyat dari Pengabdi Setan.

9. Pemenang Penyunting Gambar Terbaik Festival Film Indonesia 2017 diberikan kepada Kelvin Nugroho dan Sentot Sahid dalam film Night Bus.

10. Pemenang kategori Penata Efek Visual Terbaik Festival Film Indonesia 2017 adalah Finalize Studios dalam Pengabdi Setan.

11. Pemenang kategori Film Dokumenter Panjang Terbaik dimenangkan oleh Tonny Trimarsanto, sutradara Bulu Mata.

12. Pemenang kategori Film Dokumenter Pendek Terbaik Festival Film Indonesia 2017 adalah Wahyu Utami Wati, sutradara The Unseen Works.

13. Pemenang kategori Film Pendek Terbaik Festival Film Pendek Indonesia 2017 adalah Ruah, arahan Makbul Mubarak.

14. Pemenang kategori Animasi Pendek Terbaik Festival Film Indonesia 2017 adalah Lukisan Nafas arahan Fajar Ramayel.

15. Pemenang kategori Penulis Skenario Asli Terbaik adalah Ernest Prakasa dalam film Cek Toko Sebelah.

16. Pemenang kategori Penulis Skenario Adaptasi Terbaik Festival Film Indonesia 2017 adalah Rahabi Mandra dan Teuku Rifnu Wikana dalam film Night Bus.

17. Pemenang Pemeran Pembantu Pria Terbaik Festival Film Indonesia 2017 adalah Yayu Unru dalam film Posesif.

18. Selanjutnya adalah Pemenang Pemeran Pendukung Wanita Terbaik adalah Christine Hakim dalam film Kartini.

19. Pemenang kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik adalah Putri Marino dalam film Posesif.

20. Pemenang kategori Pemeran Pria Terbaik Festival Film Indonesia 2017 adalah Teuku RIfnu Wikana dalam film Night Bus.

21. Lifetime Achievement Awards Budiyati Abiyoga.

22. Pemenang Sutradara Terbaik Festival Film Indonesia 2017 adalah Edwin, sutradara Posesif.

23. Pemenang kategori Film Terbaik Festival Film Indonesia adalah Night Bus.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00