• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya

Lestarikan Seni Teater, UKMF Teater Putih Gelar Festival Teater Modern Pelajar seNTB

12 November
07:52 2017
0 Votes (0)

KBRN, Mataram: Kelestarian kesenian maupun budaya lokal menjadi tanggung jawab bersama yang tidak hanya dibebankan kepada pemerintah melalui dinas maupun instansi tertentu.

Keterlibatan seluruh elemen masyarakat dalam menjaga serta mempertahankan kesenian seperti halnya seni teater menjadi faktor utama yang dikedepankan.

Festival Teater Modern Pelajar se Nusa Tenggara Barat yang digelar mulai 7 hingga 18 November 2017 yang dipusatkan di Taman Budaya Mataram salah satu upaya yang dilakukan dalam mempertahankan dari kepungan budaya luar.

“Festival ini merupakan wadah untuk mempertahankan kesenian teater yang ada didaerah ini. Selain itu juga, sebagai ajang silaturrahmi UKMF Teater Putih dengan sanggar yang ada di Nusa Tenggara Barat,” kata, Ketua Panitia Festival Teater Modern Pelajar se NTB, Herlan Jayadi, Minggu (12/11/2017).

Ia menyebutkan, festival ini sangat strategis dalam menumbuhkan kreatifitas seluruh pelajar di bidang kesenian. Namun yang paling penting, festival ini akan menjadi wadah berkreasi dan menumbuhkan semangat mencintai kesenian terlebih seni teater.

Herlan Jayadi mengakui, minat generasi muda utamanya pelajar terhadap seni teater belakangan ini cukup tinggi tetapi jika itu tidak di ekspresikan dalam gelaran maupun pentas seni teater maka kedepannya akan terkikis.

“Jumlah sanggar yang terlibat sebanyak 38 sanggar, meningkat dari tahun sebelumnya yang mencapai 31 sanggar yang membuktikan jika pencinta seni teater dari kalangan pelajar setiap tahunnya mengalami peningkatan. Tapi itu jika tidak kita berdayakan maka kedepannya akan pudar,” tuturnya.

Menurut Herlan Jayadi Festival Teater Modern Pelajar se-Nusa Tenggara Barat ini memperebutkan piala bergilir Gubernur NTB. Tema yang diusung dalam festival kali ini yakni “18 Karakter di Usia 19”. (HS/AKS)

  • Tentang Penulis

    Hayatun Sofian

    <p>Reporter RRI Mataram</p><p>Facebook : </p><h5 class="_5pbw _5vra" data-ft="{"tn":"C"}" id="js_359"><span class="fwn fcg"><span class="fcg"><span class="fwb"><a class="profileLink" data-ft="{"tn":"l"}" data-hovercard="/ajax/hovercard/user.php?id=1788084949" data-hovercard-prefer-more-content-show="1" href="https://www.facebook.com/sofian.j.usman" id="js_4ot">Hayatun Sofian</a></span></span></span></h5><p></p>

  • Tentang Editor

    Agus K Supono

    Redaktur Puspem

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00