• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Pemkab Tasikmalaya Menghentikan Kerjasama dengan BPJS

11 November
01:22 2017
0 Votes (0)

KBRN, Tasikmalaya : Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat akan memutus kerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dalam penanganan jaminan kesehatan masyarakat miskin.


Hal ini dilakukan pemerintah daerah, seiring banyaknya keluhan masyarakat yang kerap dipersulit mendapat layanan kesehatan dari BPJS, terutama masyarakat miskin.

Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum menjelaskan, pelayanan BPJS banyak dikeluhkan masyarakat, terutama masyarakat miskin. Warga kerap mengeluhkan layanan BPJS, dan sering dipersulit ketika hendak mendapat layanan kesehatan.

"Kami sering mendapat keluhan masyarakat yang dipersulit mendapat layanan kesehatan meskipun memilki BPJS," kata Uu kepada Radio Republik Indonesia, Jumat (10/11/2017).
 
Uu menilai, jika hal ini dibiarkan, masyarakat sia- sia terdaftar dalam BPJS. Pemerintah daerah yang membayar klaim pun dirugikan ketika warga tidak dilayani dengan baik.

"Percuma datang jauh-jauh dari Culamega dengan ongkos yang mahal, ketika datang di rumah sakit karena pasien BPJS tidak dilayani dengan baik," ujarnya. 

Maka dari itu pihaknya akan menghentikan kerjasama dengan BPJS mulai tahun 2018 mendatang. 

"Dalam waktu dekat akan kami bahas. Kami akan menghentikan pembayaran BPJS tahun depan," ucapnya.

Sementara itu ketika kerjasama dengan BPJS dihentikan, pelayanan kesehatan warga miskin kata Uu, akan ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah daerah.

"Nanti warga yang akan berobat kami gratiskan, asalkan mau di kelas III di rumah sakit miliki pemerintah," pungkasnya. (NNP/WDA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00