• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Luar Negeri

Seluruh Negara Sepakat Tidak Akan Renegosiasi Kesepakatan Paris

9 November
10:56 2017
0 Votes (0)

KBRN, Bonn :  Amerika Serikat telah memutuskan keluar dari "Kesepakatan Paris" dan tidak lagi mengirimkan delegasi resminya untuk mengikuti COP-23 di Bonn, Jerman, Kamis (9/11/2017).

Negara-negara pihak lainnya justru sepakat tidak akan membahas re-negosiasi "Kesepakatan Paris" atau Paris Agreement.

Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim yang juga lead negosiator delegasi Indonesia, Nur Masripatin mengungkapkan perundingan masih berlangsung ketat,  namun seluruh negara bertekad menghasilkan keputusan terkait implementasi Kesepatan Paris, yang dapat mengakomodir kepentingan seluruh pihak.

"Yang positif adalah semua sepakat,  bahwa Paris Agreement tidak akan dire-negosiasikan,  seperti yang diinginkan Amerika Serikat. Semuanya ingin prosesnya itu, transparan, inklusif dan COP Presidennya (Fiji) juga akan mengusahakan  negara-negara yang delegasinya kecil, tidak akan terkorbankan," kata Nur Masripatin.

Paris Agreement yang disepakati pada COP-21 menjadi langkah awal untuk membentuk "rezim" baru penanganan perubahan iklim global yang akan mengikat semua Negara Pihak.

Dengan semakin dekatnya periode implementasi Paris Agreement, masing-masing negara diharapkan dapat menyelesaikan  pekerjaan rumah mereka dalam mengimplementasikan komitmen yang telah disepakati.

COP-23 dimaknai sebagai perundingan utama dalam mendukung implementasi Paris Agreement di masing-masing Negara Pihak, dengan tujuan utama terselesaikannya Modalities, Procedures and Guidelines yang nantinya akan menjadi Rules Book of Paris Agreement. (Puspita A/Evie AD).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00