• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sorotan Kampus

UBB Gagas "Kampung Demokrasi" pada Pilkades Serentak di Bangka

12 October
22:52 2017
0 Votes (0)

KBRN, Merawang : Momentum Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Bangka, Kamis (12/10/2017) menggugah mahasiswa Jurusan Ilmu Politik Universtas Bangka Belitung (UBB) menggelar “Kampung Demokrasi”.

Menurut dosen Jurusan Ilmu Politik UBB Muhammad Anshori, melalui Kampung Demoktrsi, para mahasiswa itu melakukan pengawasan partisipatif diharapkan sebagai wujud eksplorasi model demokrasi di arena lokal.

“Dengan kegiatan ini diharapkan bisa mendapatkan banyak informasi terkait dengan proses elektoral di level desa di Bangka seperti angka partisipasi politik, proses kandidasi, dan proyeksi analisis aktor (kandidat) yang terpilih dalam menjalankan visi misinya di masa mendatang,” kata Anshori, Kamis (12/10/2017).

Dijelaskan, dari pengawasan sementara yang dilakukan para mahasiswa itu mencatat beberapa informasi  selama proses tahapan Pikades serentak itu. 

Pertama, proses sirkulasi elit politik di level desa masih berada dalam lingkaran kekuasaan yang memang sudah mapan. Kedua, sebagai konsekuensi itu, menemukan ada pola yang menarik terkait dengan upaya mengakali munculnya calon tunggal, sehingga supaya tidak terlihat aklamasi maka dihadirkan kandidat bayangan.

Sementara itu, Ketua Jurusan Ilmu Politik Novendra Hidayat mengatakan temuan awal ini akan dielaborasi lagi pada berbagai informasi yang sudah didapatkan.

“Agar mendapatkan hasil penelitian yang maksimal, Laboratorium Ilmu Politik yang ada menjadi media untuk menguji berbagai kemungkinan dalam melihat fenomena politik lokal. Tentu saja, kami hanya bisa menjelaskan fenomena tersebut dalam perspektif politik. Ke depannya, kami berharap kegiatan semacam ini bisa dilakukan di skala yang luas lagi, tidak saja di Kabupaten Bangka,” harap dia. (Hidayat/LG)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00