• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada Serentak

Sepuluh Hari, Baru Satu Parpol Serahkan Berkas Formulir Peserta Pileg ke KPU Kota Bukittinggi

12 October
22:36 2017
0 Votes (0)

KBRN, Bukittinggi : Hingga hari kesepuluh masa penyerahan berkas formulir calon peserta Pemilu Legilastif (Pileg) 2019, baru satu Partai Politik (Parpol) yang telah melengkapi persyaratan administrasi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bukittinggi.

Partai Politik yang telah menyerahkan formulir keanggotaan itu yakni Persatuan Indonesia (Perindo), Senin (9/10/2017), dan telah diterima KPU Kota Bukittinggi untuk ditindaklanjuti melalui proses verifikasi faktual.

Ketua Divisi Perencanaan dan Data KPU Kota Bukittinggi Benny Aziz, Kamis (12/10/2017) mengatakan, penyerahan berkas calon peserta Pileg ini masih ditunggu hingga batas nya pada Senin 16 Oktober 2017 mendatang.

“Hingga siang tadi ada beberapa pihak Parpol yang telah mengkonfirmasi akan menyerahkan berkas melalui telpon, masih sebatas menanyakan bagaimana proses penyerahan berkas, sehingga dalam hal ini KPU sifatnya menunggu kapan Parpol ini akan menyerahkan berkas formulir nama keanggotaan partainya,” tuturnya.

Menurut Benny Aziz, Kamis sore ada pihak Partai Politik PDI Perjuangan yang akan menyerahkan berkas keanggotaan, namun karena adanya kesalahan data antara lampiran di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) dengan print out berkas yang akan diserahkan, maknya pihak partai sepakat menunda penyerahan berkas.

“Setiap Parpol calon peserta Pileg 2019, wajib mendaftarkan data anggota partai dalam bentuk formulir Lampiran 2 F2-Parpol, serta memuat informasi nama, alamat, Kartu Tanda Anggota KTA yang membuktikan memang terdaftar namnya di suatu Parpol, dan foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik yang menandakan Nomor Induk Kependudukan (NIK),” jelasnya.

Benny Aziz menambahkan, syarat minimal anggota Parpol sesuai UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, dan diatur PKPU Nomor 11 tahun 2017, adalah 1/1000 dari jumlah penduduk, dan di Bukittinggi tercatat jumlah penduduk 115 ribu jiwa lebih, dengan arti kata setiap Parpol berhak mendaftarkan minimal 115 orang anggota.

“Diperkirakan pada Jum’at 13 Oktober 2017 besok, ada partai Nasional Demokrat (Nasdem) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang akan menyerahkan formulir keanggotaan partai, termasuk Partai PDI Perjuangan yang tadi sempat menunda penyerahan formulir,” ulasnya.

Hingga batas penutupan penyerahan berkas formulir keanggotaan Parpol pada Senin 16 Oktober 2017 mendatang, akan banyak Parpol yang datang, mengingat di Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Bukittinggi terdata 15 Partai Politik, 11 diantaranya partai lama, ditambah 4 parta baru.

“Disamping itu tidak tertutup kemungkinan ada partai lain yang mendaftar diluar data yang ada di Kesbangpol, karena di KPU RI ada 73 partai yang terdaftar, besar kemungkinan partai itu juga akan mendaftar di KPU Kota Bukittinggi,” ungkapnya. (YPA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00