• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Sultan HB X Resmikan Pusat Pengolahan Teh Menoreh Kulon Progo

12 October
21:06 2017
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Gubernur Daeerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meresmikan Pusat Pengolahan Teh Menoreh (PPTM), sekaligus melaunching produk olahan pangan buatan UMKM di Kulon Progo, bertempat di Desa Ngargosari Kecamatan Samigaluh, Kamis (123/10/2017).

Keberadaan PPTM sebagai alternatif bagi petani dalam upaya mengembangkan kreatifitas petani untuk memecahkan persoalan pengolahan dan pemasaran teh.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X mengatakan, yang paling penting dari produk makanan adalah laku di pasaran dan dibutuhkan oleh konsumen.

Agar hal itu dapat terjadi, menurut Sultan, produk harus memenuhi beberapa unsur, di antaranya perijinan, pengemasan yang baik dan menarik, hingga kualitas yang baik.

“Mestinya ijin Depkes harus ada, bagaimana packaging harus baik, bukan sekedar dikasih bungkus, tapi bagaimana dari bungkus yang menarik itu orang mau beli,” terangya.

Sementara itu, Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo mengatakan, beberapa komoditas unggulan di Kulon Progo antara lain padi, kopi, teh, kakao, hingga kelapa, sebagai penyedia bahan makanan pokok maupun minuman.

Menurut Hasdto, agar produk itu dapat menjadi produk yang berkualitas dengan produksi tinggi para pelaku usaha diberikan berbagai macam bantuan.

“Berbagai macam bantuan yang telah kami berikan berupa bibit, pupuk, obat dan juga peralatan budidaya untuk pengendalian upt dan juga untuk penguatan produk yang unggul, juga agen2 yang mendukung jaringan irigasi dan juga banytuan teknis lainnya,” jelasnya.

Bupati menambahkan, kebijakan ‘Bela Beli’ Kulon Progo akan terus diperjuangkan agar produk-produk olahan Kulon Progo bisa diterima oleh seluruh masyarakat. (har/yyw/DS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00