• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Nenek Penyiram Minyak Panas ke Cucu Tirinya Ditetapkan Sebagai Teraangka

12 October
19:01 2017
0 Votes (0)

KBRN, Cimahi : Nenek Kosiah, 69 tahun, warga Gunung Halu Kabupaten Bandung Barat akhirnya ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penganiayaan anak yang merupakan cucu tirinya.

Dalam pemeriksaan sementara, Kosiah tidak mengaku telah menyiramkan minyak panas kepada cucu tirinya Rachel Heryani, 11 tahun.

Kasat Reskrim Polres Cimahi AKP Niko Nurallah kepada wartawan Kamis(12/10/2017) menjelaskan, pihaknya sudah menetapkan Nenek Kosiah sebagai tersangka kasus penganiayaan terhadap korban Rachel.

"Kami telah memeriksa 5 saksi dan visum hasil pemeriksaan dokter sudah diperoleh penyidik. Dari visum yang telah didapat memang disitu muncul keterangan dengan kaitannya ada luka bakar stadium tiga, yang mengharuskan korban harus dilakukan operasi kurang lebih dalam kurun waktu 5 hari," terangnya.

Sampai saat ini, kata Niko, keterangan dari nenek belum mengaku namun tapi dari saksi-saksi menguatkan dan keterangan korban cukup menguatkan bahwa nenek tersebut  dapat kami tetapkan sebagai tersangka.

"Dari keterangan saksi korban dan saksi setelah kejadian, kemudian dari hasil pra rekontruksi kita lihat. Dengan wajan yang kecil, kemudian dari keterangan saksi, sangat tidak dimungkinkan kalau kepala korban yang dimasukkan kedalam kuali," ungkapnya.

Tetapi yang pastinya, sebut Niko, setelah minyak panas itu disiramkan kewajahnya, baru sianak terjatuh mengenai kuali tersebut.

"Namun penyidik masih akan terus mendalami kasus tersebut dengan meminta keterangan lebih detail dari tersangka, saksi dan korban untuk disinkronkan," imbuhnya.

Kemudian pihaknya akan mempertimbangkan sikap tersangka yang memberikan keterangan yang berbelit-belit, upaya keluarga korban yang akan menempuh jalan damai.

"Hal itu nantinya hanya akan menjadi pegangan bagi hakim untuk meringankan atau memberatkan hukuman tersangka," tandasnya.

Setelah ditetapkan sebagai tersangka Nenek Kosiah saat ini sudah diamankan disel Rumah Tahanan Polres Cimahi di Cibabat.

Akibat perbuatannya itu, Kosiah dijerat dengan pasal berlapis yakni pasal 44 ayat  2 UU RI tetang penghapusan KDRT dan subsider pasal 80 ayat 2 dan pasal 76 ayat C  UU RI nomor 17 tahun 2016 tentang Perlindungan Anak, dengan ancaman hukuman maksimal 10 tahun penjara. (AH/DS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00