• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Yorrys Rawei Dipecat, Pengamat: Pemecatan Harus Elegan

12 October
14:39 2017
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Pengamat Politik dari Universitas Al-Azhar, Ujang Komarudin menilai pemecatan Yorrys Raweyai  dari jabatan sebagai Koordinator Polhukam DPP Partai Golkar, seharusnya dilakukan dengan elegan, tidak langsung dipecat.

Salah satu tugas dari partai adalah mengelola dan menyelesaikan konflik. Golkar adalah partai yang telah teruji melewati berbagai tantangan sehingga paham benar bagaimana menyelesaikan konflik. Tetapi penyelesaian konflik harus elegan.

“Golkar sepanjang sejarah orde baru hingga kini, kemarin di pecah pemerintah pun Golkar tetap teguh. Persoalannya walau punya mekanisme dan disepakati Golkar tetapi pemecatan harus bersifat elegan. Jangan main sepak saja,” kata Ujang Komarudin, dalam perbincangan bersama Radio Republik Indonesia, Kamis (12/10/2017).

Sikap elegan yang dimaksud adalah apakah mekanisme seperti teguran pertama, surat peringatan kedua dan seterusnya dijalankan. Kedewasaan pimpinan partai harus dijaga. Pemecatan yang tidak elegan akan memunculkan rasa sakit hati kader. Yorrys adalah aset potensial yang dimiliki oleh partai berlambang pohon beringin itu.

“Di Golkar kadernya itu merata. Ibarat tim sepak bola, Golkar adalah tim Panser, hebat semua. Kalau Yorrys dipecat, dalam konteks Golkar tidak masalah karena masih banyak kader lain tetapi Pak Yorrys juga aset yang harus dijaga juga,” tegasnya. (Sgd/WDA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00